Cara Cek DA PA Website

Cara Cek DA PA Website Anda dengan Cepat dan Akurat

Kita sebagai pemilik website harus rutin memeriksa DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) situs kita. Cara cek DA PA website juga berpengaruh terhadap indikator yang memudahkan pemantauan performa situs secara keseluruhan. Indikator ini membantu dalam mengevaluasi kekuatan dan efektivitas strategi SEO yang diterapkan, serta memberikan wawasan untuk perbaikan yang diperlukan.

Setelah DA dan PA website diperiksa, peluang untuk meningkatkan peringkat website juga dapat ditemukan. Apakah DA PA benar-benar berpengaruh terhadap peningkatan ranking di mesin pencari, mengapa penting untuk mencari cara cek DA PA website, cek DA PA website digunakan untuk menghitung peringkat halaman situs web. Sebelum mempelajari cara cek DA dan PA website, perbedaan antara DA PA juga perlu Anda dipahami.

Apa itu DA dan PA

DA adalah Domain Authority atau indikator yang menunjukan performa website dalam mesin pencarian. Perusahaan MOZ membantu mengembangkan DA untuk lebih maju dan dalam angka menyatakan dalam angka 1-100. Makin angkanya besar, mungkin di performanya makin bagus di suatu website di sebuah pencarian.

PA adalah Page Authority merujuk indikator untuk menunjukkan performa dalam satu halaman secara spesifik dalam situs website. Dengan mengetahui nilainya PA, kita juga bisa mendapatkan sebuah gambar lebih jelas lagi tentang performa website dan bisa membandingkannya. PA juga dinyatakan dalam skala 1-100. Jika mendapatkan angka yang tinggi, performanya makin tinggi maka lebih bagus halamannya.

Cara Cek DA PA Website

Cara Cek DA PA Website

 

1. Cek DA PA Menggunakan Situs Web MOZ

Moz Page Authority adalah sistem penilaian buat oleh MOZ itu sendiri, sistem ini juga akan menemukan dan bisa memiliki peluang untuk memprediksi peringkat yang disebut juga DA PA checker, yang akan muncul dihalaman hasil mesin pencari(SERP).

Cara Cek Domain Authority Menggunakan MOZ:

  • Kunjungi website MOZ lalu beralih ke halaman DA PA checker
  • Lakukanlah terlebih dahulu registrasi lewat halaman ini MOZ login.
  • Salin dan tempelkan alamat websitenya pada kolom yang sudah tersedia.
  • Klik “Check Authority”.
  • Kalo udah selesai login kamu bisa mengetahui ranking website dan beberapa informasi lainnya.

Cara Cek Page Authority Menggunakan MOZ:

  • Pada bagian overview, klik “Compare Link Profiles”
  • Setelah itu klik “Exact Page” kita akan mengetahui skor DA dan PA bersamaan
  • Kamu bisa melihat hasil Page Authority

2. Cek DA PA Melalui Website SEO Checker

SEO Checker adalah strategi efektif untuk meningkatkan kualitas dan lalu lintas situs web. Alat ini membantu situs Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan bisa meningkatkan peringkat di halaman pertama.

SEO Checker mengoptimalkan situs Anda dan membantu mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi kinerja. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek performa DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) menggunakan SEO Checker.

  • Akses halaman website SEO Checker.
  • Berbeda dengan MOZ, kamu bisa langsung mengetikkan nama website pada kolom DA checker.
  • Setelah itu kita sudah bisa untuk melihat performa website anda pada halaman tersebut.

5. Cek DA PA Menggunakan Ahrefs

Ahrefs adalah website yang biasa digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Ahrefs juga selain digunakan untuk melakukan riset kata kunci bisa juga mengecek DA PA website.

Urutan mengecek DA PA manggunakan Ahrefs.

  • Akses situs  Ahrefs Website Authority Checker
  • Input alamat website pada kolom check authority
  • Langkah terakhir anda masuk menggunakan Ahrefs biar bisa melihat performa website beserta informasi Backlinks-nya.

Cek DA PA Website dengan SEMRush

Cara mengecek DA PA web dengan SEMRush terbilang cukup mudah.

  • Awal kita masuk  ke situs SEMRush lalu ke halaman Domain Overview.
  • Kedua Input domain, subdomain atau URL ke dalam kolom yang tersedia.
  • Langkah ketiga anda sudah bisa mendapatkan report tentang kemampuan skormu.

Apa Bedanya DA dan PA

DA untuk mengukur sejauh mana sebuah domain yang memiliki kekuasaan dan kekuatan yang ada di seluruh situs web tersebut, bisa di bilang juga DA mirip dengan sebuah apartemen.

PA untuk mengukur sejauh mana suatu halaman atau sebuah page yang ada di dalam sebuah domain yang memiliki kekuasaan dan kekuatan dalam hasil pencarian. DA dan PA tidak akan bisa dipisahkan.

Cara Meningkatkan DA PA Blog

Cara Cek DA PA Website

Agar websitenya memiliki skor DA dan PA yang baik, kamu dapat menerapkan cara meningkatkan DA PA blog berikut ini.

1. Memperbaiki Link Building

Link Building adalah bagian dari off page SEO. Dengan membangun link building secara maksimal, kita bisa mendapatkan berbagai jumlah di luar halaman website, pastikan juga link yang masuk ke websitemu memiliki kualitas dan kewenangan yang bagus.

Makin banyak halaman yang menyebut atau mengarahkan pengunjungnya ke website kita, maka brand akan mendapat banyak kesempatan bukan saja pada peningkatan brand awareness, tetapi juga perbaikan skor DA  dan PA.

2. Memaksimalkan SEO On Page

SEO On Page pemaksimalan bisa membantu merayapi untuk menemukan website kita dengan lebih baik.

Selain itu, tingkatkan performa SEO dengan cara melakukan pembaruan secara teratur dan menerapkan kata kunci secara benar.

3. Halaman yang Mobile Friendly

Pengunjung website kebanyakan adalah pengguna handphone. Oleh karena itu, mendukung kenyamanan mereka dengan memastikan websitemu dioprasikan dengan mudah melalui perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet merupakan suatu prioritas.

Kita juga bisa menampilkan halaman yang tidak terlalu penting dibandingkan dengan tampilan desktop. Disamping juga kita perlu melakukan yang namanya mengoptimasi seperti pemilihan tema, font ,dan lain lain

4. Analisis Konten Pesaing

Kita bisa menganaliti konten pesaing sangat dibutuhkan terutama untuk melihat apa yang sedang dilakukan pesaing. Dari konten-konten tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran lebih baik tentang tujuan pengguna atau kecenderungan lainnya yang belum bisa kita baca dari pasar.

Beberapa cara untuk mengecek DA PA website yang bisa kita implementasikan. Dalam mengembangkan website, kita harus memerhatikan faktor – faktor penentu skor DA PA agar performa website pun bisa berkualitas.

Faktor – Faktor yang Bisa Mempengaruhi Kualitas DA dan PA

Untuk menghitung DA dan PA ini butuh faktor – faktor tertentu biar bisa layak dan mampu bersaing di halaman depan pencarian mesin.

  • Kualitas Konten
  • Kualitas Backlink
  • Traffic dan Engagement
  • Usia Domian
  • Kecepatan Website

Kesalahan Fatal pada Website Anda

1. Website Tidak Memiliki Traffic/Pengunjung

Kesalahan ini adalah kesalahan yang sering ditemukan. Website juga perlu digunakan agar ada manfaatnya, agar pengguna website lain tertarik kepada website anda.

Setelah website anda selesai dibuat, tim marketing harus mempunyai strategi lain, agar bisa menarik pengunjung, karna pengunjung tidak dateng sendiri.

2. Website Tidak Terlihat Profesional dan Tidak Meyakinkan

Anda udah mempunyai website paling lama dan merasa pengunjung itu sudah banyak, tapi belum pernah sekalipun melakukan transaksi atau prospek dari website?

Besar kemungkinan karena ada kesalahan dibagian desain websitenya. Cek kembali dibagian website anda sudah brand berkualitas belum.

3. Konten Website Anda Kurang Lengkap/Kurang Menarik

Konten adalah isi dari situs web, yaitu pesan yang anda ingin di sampaikan kepada pengunjung. Selain desain, konten juga sangat penting.

Karna adanya konten pasti yang akan dilihat oleh pengunjung adalah bagian value perusahaannya berjalan dengan baik apa tidak.

4. Website Anda Sangat Lambat

Sebagus apapun desain dan konten Anda, jika website Anda lambat, pengunjung tidak akan betah. Idealnya, situs web Anda harus diakses dalam waktu kurang dari 4 detik.

Untuk mengecek kecepatan situs web Anda, masukkan link situs Anda terlebih dahulu, kemudian pilih test server yang sesuai dengan lokasi dekat audiens Anda. Pastikan hasilnya optimal untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

5. Tidak Bertujuan ke Situs Web

Jika website ada belum bertujuan dengan situs web anda, maka anda harus mencari tim ahli yang dapat membantu.

Idealnya tampilan website anda selalu optimal alat yang digunakan untuk mengakses website. Untuk memastikan kembali website anda yang sudah bertujuan atau belum, anda bisa menggunakan tools dari Google.

6. Memasang Iklan pada Situs Web

Jika Situs Web kita untuk berbicara tentang website bisnis, maka website tujuan utamanya adalah mempromosikan bisnis yang anda miliki. Oleh sebab itu, konten jangan sampe memasang iklan pada situs web.

Ini alasannya kenapa web jangan sampe memasang iklan.

  • Mengalihkan perhatian pengguna.
  • Anda juga pengen user anda miliki terus berada di website kita selama mungkin, dengan anda memasang iklan kita juga cenderung mengirim user ke website lain.
  •  Nanti diliatnya tidak profesional.
  • Bisa jadi iklan tersebut adalah iklan yang pengen bersaing dengan website anda.
7. Website Terkena Virus

Virus bisa merusak reputasi web, menghilangkan kepercayaan pengunjung, mencuri data, dan lebih banyak lagi.

Intinya, virus berdampak besar dan merugikan situs web, mempengaruhi performa dan keamanan secara keseluruhan.

Pastikan untuk rutin melakukan pemindaian dan menjaga perlindungan keamanan situs Anda.

8. Website Tidak Memiliki Protokol Keamanan

Sejak tahun 2018 Google menganjurkan untuk semua website harus ada protokol keamanan.  Jika website yang tidak memiliki protokol keamanan akan muncul pada Browser tulisan Not Secure, sehingga menjadi dampak buruk pada reputasi website.

9. Tidak Melakukan Upaya Perusahaan untuk Mengidentifikasi Performa Karyawan dan Mengoptimalkannya.

Ketika website anda selesai terbuat, bukan berarti website anda bener – bener udah selesai dibuat. Pada kenyataanya, ide perbaikan akan muncul setelah website anda berjalan beberapa hari kedepan.

Dengan tidak adanya perbaikan, website anda akan melewatkan beberapa kesempatan untuk bisa lebih baik lagi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan lebih detailnya mengenai pembahasan cara mengecek da pa website,apa itu da pa website, dan cara bagaimana untuk meningkatkannya, lebih diketahui kembali bahwa indikator ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan website kita agar website kita mendapatkan ranking yang paling tinggi.

DA PA cukup penting untuk SEO. Jika sudah benar, maka kedua indikator ini akan menjadikan situs anda dan akan  memiliki performa yang baik untuk ke depannya. Gunakanlah strategi peningkatan DA dan PA yang mumpuni agar dapat memberi pengaruh pada website anda.

Jika anda masih belum memahami tentang esensi DA dan PA ini, Anda bisa menggunakan link jasa penulisan artikel seo  untuk bisa mengusai SEO ini agar kontenmu bisa menjadi paling atas dan berkualitas.

Share : 

Open chat