Cara Mengecek Plagiat Online Gratis dan Sangat Mudah

Bagi yang gemar menulis atau yang sedang membuat artikel, pasti anda juga mengetahui yang namanya cek plagiat kalimat dari website langsung atau bikinan sendiri, jika penulis menyalin karya orang lain dari sebuah website, maka ini sebuah pelanggaran hak cipta. Jadi anda harus tau bagaimana cara mengecek plagiat online gratis.

Bagaimana kalau tulisan yang anda buat itu tanpa sengaja kemiripan sama karya orang lain, tenang saja jangan khawatir, dengan adanya cara mengecek plagiat online gratis ini anda sangat terbantu karna cek plagiatnya sangat akurat dan sangat mudah mengecek karya anda sendiri itu plagiat atau bukan, bahkan cara pengecekannya pun bisa secara online.

Apa Itu Cek Plagiarisme

Cek plagiarisme adalah proses untuk memeriksa apakah suatu teks atau karya tulis mengandung unsur plagiarisme, yaitu penyalinan atau penggunaan ide, kata, atau kalimat orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai.

Proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak atau alat online yang membandingkan teks yang diperiksa dengan sumber-sumber lain di internet dan database.

Hasil cek plagiarisme membantu penulis memastikan orisinalitas karya mereka, mencegah pelanggaran hak cipta, dan meningkatkan integritas akademis.

Cara Mengecek Plagiat Online Gratis

Cara Mengecek Plagiat Online Gratis

Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak situs web yang menawarkan fitur cek plagiarisme secara online. Cek plagiarisme online mempermudah dan meningkatkan akurasi pengecekan.

Selain itu, cara mengecek plagiarisme secara gratis juga tersedia melalui beberapa website. Berikut adalah beberapa situs untuk cek plagiarisme online gratis.

1. Plagiarism.com

Cara untuk mengecek plagiat online melalui website Plagiarism.com. Dengan menggunakan situs ini anda bisa  mengecek tulisan sebanyak 10.000 sampai 15.000 kata secara cepat dan gratis. Dengan menggunakan situs web ini anda akan tau cara – caranya.

  •  Awal pertama anda masuk situs web www.check-plagiarism.com di Browser.
  •  Langkah kedua anda bisa salin dan tempel tulisan yang sudah dibuat untuk dicek.
  •  Jika sudah masukkan kata, anda bisa klik ” Check Plagiarism “.
  •  Anda tinggal menunggu beberapa saat, nanti hasilnya akan muncul dibawah.

2. Copyleaks.com

Situs website Copyleaks.com ini menggunakan sistem teknologi AI sehingga sedang pengecekan plagiat dinilai sangat akurat. Biar anda pas pengecekan tidak salah, simaklah cara – caranya.

  • Langkah pertama anda masuk situs web www.copyleaks.com di Browser.
  •  Kemudian klik “New Scan” dan pilihlah tulisan yang akan anda di cek.
  • Selanjutnya anda salin dan tempel tulisan yang akan ada cek, bisa juga mengupload dokumen yang ingin dicek.
  • Anda tinggal tunggu, hasil kata – kata ada akan muncul dibawah.

3. Duplichecker.com

Situs web Duplichecker.com menawarkan tiga cara untuk cek plagiat, salin-tempel tulisan, gunakan URL, atau unggah file. Anda bisa memilih metode yang paling mudah. Jika hasilnya menunjukkan nilai plagiat yang rendah, berarti tulisan Anda asli.

  • Langkah awal anda masuk ke situs web www.duplichecker.com di Browser.
  • Kemudian anda salin dan tempel tulisan yang akan dicek.
  • Jika sudah ditempel, klik “Check Plagiarism” dibagian bawah.
  • Tinggal tunggu saja beberapa saat akan muncul hasil yang tadi anda cek.

4. Copyscape.com

Dengan menggunakan situs web Copyscape.com anda tak hanya sekedar untuk mengecek plagiat saja, ada juga fitur – fitur lain yang bisa anda manfaatkan, seperti copyscape premium, premium api, masih banyak lagi fitur – fitur lainnya.

  • Langkah pertama anda masuk situs web www.copyscape.com di Browser.
  • Selanjutkan anda masukan link URL tulisan anda yang akan dicek.
  • Setelah tulisan anda dimasukan, klik “Check” dibagian samping.
  • Anda tinggal menunggu beberapa saat hasil anda akan muncul.

5. Plagiarisma.net

Cara mengecek plagiarisme melalui situs web Plagiarisma.net. Keunggulan dari situs ini dapat mengecek tulisan dalam berbagai format link URL, hingga upload dari Google Drive.

  • Buka situs www.plagiarisma.net di Browser.
  • Masukkan tulisan yang ingin kamu cek plagiarismenya.
  • Jika sudah tempel tulisan lanjut, klik “Check Duplicate Content” yang ada dipaling bawah.
  • Tunggu sampe tulisan yang anda tempel muncul, nanti hasilnya akan muncul secara otomatis.

6. Grammarly.com

Website Grammarly.com dapat menerjemahkan dan memeriksa teks dalam Bahasa Inggris dengan akurat. Selain itu, Grammarly juga efektif dalam mengecek plagiat. Situs ini dapat diakses melalui browser di PC dan smartphone.

  • Buka situs web www.grammarly.com di Browser.
  • Tempel tulisan dari perangkatmu untuk mengecek plagiarisme.
  • Jika sudah ditempel, klik “Scan For Plagiarism” yang ada dibawah.
  • Tunggu sampe muncul tulisan anda, nanti hasilnya akan keluar secara otomatis.

7. Small SEO Tools

Jika anda nggak mau ribet saat mengecek tulisan yang ada plagiarismenya, anda bisa mengakses situs web Smallseotools.com di browser. Mudah digunakan dan mengecek tulisan anda juga bakal akurat dan gratis.

  • Buka situs web www.smallseotools.com di Browser.
  • Tempel tulisan anda yang ada diperangkatmu untuk mengecek tulisan plagiarisme.
  • Jika sudah ditempel, anda tinggal klik “Check Plagiarism” yang ada dibawah.
  • Tunggu sampe muncul tulisan anda, nanti hasilnya akan keluar secara otomatis.

8. Paperrater.com

Cara mengecek plagiat di situs Paperrater.com mirip dengan Grammarly.com. Di sini, Anda dapat memeriksa plagiarisme sekaligus mendeteksi kesalahan tata bahasa Inggris. Situs ini menawarkan layanan cek plagiarisme yang mudah dan gratis untuk tulisan dalam bahasa Inggris.

  • Buka situs paperrater.com di Browser.
  • Tampilkan tulisan yang ada dari perangkatmu untuk mengecek tulisan plagiarisme.
  • Pilih jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMK, hingga kuliah yang kamu tempuh sekarang ini.
  • Jika sudah ditempel, anda klik “Get Report” di bagian bawah.
  • Tunggu sampe muncul tulisan anda, nanti hasilnya akan keluar secara otomatis.

9. 1Text.com

Untuk mengecek plagiat di situs web 1Text.com, Anda dapat memeriksa hingga 2.000 kata per hari secara gratis. Jika Anda perlu memeriksa lebih banyak, Anda dapat memilih opsi berbayar bulanan atau tahunan.

  • Buka situs www.1text.com di browser.
  • Tempelkan tulisan yang kamu sudah buat untuk mengecek tulisan plagiarisme.
  • Tunggu sampe muncul tulisan anda, nanti hasilnya akan keluar secara otomatis.

4 Cara untuk Memilih Situs Cek Plagiat

Setelah anda mengetahui cara untuk pengecek plagiat online, setiap situs web itu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Cara untuk memilih situs web cek plagiarisme gratis yang tepat.

1. Pastikan Kualitas Situs Web

Kualitas situs web cek plagiat dapat dilihat dari lama beroperasinya situs, penilaian pengguna, dan hasil pengecekan. Jika situs tersebut berkualitas rendah, mungkin banyak plagiat yang tidak terdeteksi. Karena itu, pilihlah situs web cek plagiat yang terpercaya dan akurat untuk hasil yang memuaskan.

2. Menggunakan Situs yang Disarankan

Jika Anda bingung memilih situs, mintalah saran dari orang sekitar untuk menemukan yang akurat. Dengan rekomendasi, Anda bisa mendapatkan layanan yang baik, hasil cepat, dan akses hingga 1.000 kata. Namun, perhatikan bahwa beberapa situs mungkin membatasi pengecekan hingga 1.000 kata saja.

3. Pilihlah Situs Web yang Mudah Diakses

Banyak situs cek plagiarisme yang terlalu berat untuk diakses di laptop Anda. Pilihlah situs yang ringan agar Anda tidak perlu menunggu lama saat loading. Pastikan juga situs tersebut memiliki antarmuka yang ramah pengguna untuk kenyamanan lebih.

4. Menggunakan Situs Web yang Proses Pengecekannya Mudah

Pilihlah situs cek plagiarisme proses saat pengecekannya sangat mudah dengan kebutuhan websitenya. Agar anda saat pengecekan tinggal menyalin dan menempel saat cek plagiarisme. Ada pula yang harus memberikan kode terlebih dahulu sebelum mengecek plagiarisme online, bisa juga langsung meng-klik tombol ” Check “.

Cara agar Tulisan tidak Terdeteksi Plagiat di Situs Website

1. Pastikan Anda tidak Melakukan Plagiat sama Sekali

Cara yang paling utama adalah memastikan kembali tulisan anda sudah bebas dari tindakan plagiat apa belum, karna kalau isi tulisan anda semuanya menggunakan copy paste, maka itu perlu diubah total dengan tulisan pikiran anda sendiri. Selama semua isi tulisan kita sendiri dijamin tulisan anda juga pasti akan bebas dari plagiat.

2. Melakukan Pengaturan Turnitin dengan Tepat

Cara ini agar tulisan yang anda buat tidak terdeteksi plagiat adalah melakukan pengaturan turnitin dengan tepat waktu. Turnitin ini menyediakan fitur untuk mengatur penentuan naskah yang bagian mana aja yang diabaikan.

3. Melakukan Persamaan Kata pada Kutipan

Cara agar tulisan tidak terdeteksi plagiat adalah melakukan persamaan dibanding menulis kutipan langsung. Kutipan langsung yang terlalu banyak bisa meningkatkan jumlah tulisan yang dikirimkan cocok dengan teks dalam database di turnitin.

Bagaimana cara melakukan persamaan kata yang baik dan benar.

  • Menulis ulang tulisan dengan tulisan sendiri

Kuncinya yaitu paham isi tulisannya dan ditulis ulang dengan bahasa sendiri agar struktur tulisannya berubah tapi maknanya tetap.

  • Menggunakan sinonim

Merupakan sebuah struktur kalimat dalam kata yang sama, bisa juga menggunakan sinonim sehingga dianggap turnitin tidak sama dengan karya orang lain.

  • Mengubah susunan kalimat

Kata yang ditulis diakhir kalimat dipindahkan ke bagian depan kalimat.

  • Menggunakan jasa kata persamaan yang profesional

Dengan menggunakan jasa profesional anda dijamin efektip menurunkan skor turnitin.

4. Mengganti Bagian Tertentu dengan Menggunakan Gambar

Cara ini agar tulisan anda tidak terdeteksi plagiat adalah anda bisa mengganti tulisan anda yang terdeteksi plagiat menjadi sebuah gambar. Misalnya pada tabel, ketika bagian tabel anda ada yang terdekti plagiat anda bisa diubah menjadi sebuah gambar tabel tersebut.

Kesimpulan

Akhirnya, plagiat tidak membawa kita ke mana-mana. Menjadi seorang penulis yang baik melibatkan pembelajaran yang benar dan pengelolaan metode untuk menghindari plagiat. Ini akan membantu Anda membangun reputasi sebagai penulis artikel yang profesional dan terpercaya. Mengelola konten dengan etika dan keaslian akan meningkatkan kualitas tulisan dan menarik perhatian audiens serta meningkatkan kredibilitas Anda.

Dengan adanya alat atau aplikasi plagiarisme kita tahu artikel yang kita bikin ini termasuk plagiat atau tidak, dengan adanya cek plagiat ini juga membantu penulis Anda bisa langsung datang ke jasa penulisan artikel seo termurah, karna kalau tidak ada cek plagiat ini penulis tidak akan tahu tulisan yang penulis itu mirip dengan orang lain apa tidak. Karna kalau sampe tulisan yang ia tulis itu mirip dengan karya orang bisa menyebabkan kasus pelanggaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share : 

Open chat