Diera digital saat ini kita bisa memanfaatkan internet dengan baik dan kita bisa menjual barang secara online dengan cara marketing online yang sangat mudah dan cepat.
Kita bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mencari uang seperti berjualan online dan kita juga bisa berjualan tanpa mempunyai stok barang tersebut yaitu kita bisa menjadi (dropsiper)kita bisa.
Menjual barang dengan mudah dan dapat memasarkan keseluruh daerah.digital marketing dapat meningkatkan reputasi bisnis secara online pada semua platform digital.
Dengan semakin mudahnya akses internet kita saat ini, jumlah pengguna internet pun semakin meningkat setiap harinya, Orang-orang lebih sering menghabiskan waktu di internet.
Kegiatan berbelanja juga saat ini lebih banyak dilakukan secara online, ini berarti pemasaran offline tidak seefektif dulu kemajuan teknologi saat ini sangat nenudahkan kita terumata.
Dengan kita menggunakan internet kita bisa mengakses semua informasi dimanapun sehingga kita mudah mendapatkan informasi dari internet.
Digital marketing dapat membantu kita untuk membuat suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional dan digital marketing juga lebih menghemat biaya dan terukur.
Pengertian Marketing Online
Apa itu digital marketing?digital marketing adalah suatu kegiatan mempromosikan barang secara online menggunakan media internet sehingga kita dapat dengan mudah memasarkan barang.
Tujuan digital marketing adalah suapaya kita bisa menarik konsumen denga mudah dan cepat.Seperti yang kita tahu pemakaian internet saat ini sangat luas banyak masyarakat yang sudah banyak menggunakan internet.
Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan internet untuk memasarkan produk mereka supaya bisa cepat mendapatkan konsumen.
Dan akibatnya banyak perusahaan yang bersaing memuat konten untuk memasarkan produk meraka supaya produk mereka dapat dikenal didunia maya dan mempercepat pemasaran di dunia maya.
Beberapa perusahaan sudah menggunakan teknik pemasaran menggunakan seo(searh engine optimization) periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing dan lainnya.
Pengertian digital marketing menurut para ahliTentunya para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing.Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli adalah sebagai berikut, apa saja itu?
Digital Marketing Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.
Pengertian Cara Marketing Online
1. Cara Marketing Online
Kemajuan teknologi sekaran bisa kita manfaatkan untuk memasarkan barang secara online yaitu dengan cara kita menggunakan internet untuk membuat konten dan kamu bisa memanfaatkan
Hal tersebut untuk mengenalkan produk yang kamu jual kepada konsumen proses tersebut dilakuan secara online dengan menggunakan media inernet karena kita bisa menyebar informasi tentang produk kita tanpa ada batasanya..
2. Manfaat Pemasaran Online
Manfaat pemasaran online adalah kamu bisa dengan mudah memsasarkan barang yang kamu jual dan kamu juga mudah untuk mendapapatkan konsumen karena dengan memasarkan onlinekamu bisa membagkan informasi keseluruh media sosal dan tanpa ada batasan dengan situs web atau pengalaman laman landas.
Pengunjung juga bisa melakukan konversi kepada pembeli yang membayar dan bisa tau situs mana yang paling baik dan bisa untuk menentukan harga barang analisis untuk aplikas dan web bisa membantu kamu utuk menentukan hal berikut.
3. Saluran Pemasaran Online
Mana yang paling hemat biaya dalam memperoleh pelanggan, berdasarkan tingkat konversi pengunjung ke pelanggan, dan biaya pengunjung tersebut.
4. Saluran Mana Yang Efektif
Kamu bisa memilih mana saluran yang efektif untuk kamu dan kamu bisa memilih seperti email agar mendorong pembelian yang berulan kepada pelanggan sebelum nya.
5. Kohort Pelanggan
Yang menunjukan keterliabatan yang tinggi anda bisa dari usel seperti perangkat lunak atu email yang bertujun untuk menjual barang yang lebih banyak kepada konsumen dengan keterlibatan yang tinggi dan tertarik untuk membeli produk anda.
Perbedaan Pemasaran Online Dan Pemasaran Offline
1. Jumlah Modal
Untuk jumlah modal untuk pemasaran offline dan online sangatlah berbeda.untuk pemasaran offlline tentu menggunakan modal yang banyak karena menggunakan media masa untuk melakukan pemasaran.
Sedangkan untuk pemasaran online budget yang dikeluarkan tidak terlalu banyak seperti pemasaran offline karena bisa menggunakan media sosial seperti facebook ads,google ads,tiktok ads dan sebagainya.
2. Jangkauan Pemasaran
Jangkauan pemasaran untuk kedua metode ini juga berbeda.pada pemasaran offline jangkauan pemasaranya sangat terbatas karena proses pemasaranya dilakukan secara langsung dan perlu bentuk fisik produk untuk di tawarkan.
Sedangkan pemasaran online jangkuanya tak terbatas dan bisa menjual barang sampai keluar negeri.dengan menggunakan media sosial dimana orang bisa meng akses dan melihar bentuk barang tanpa harus bertemu dengan penjual.
Manfaat Marketing Online
Diera teknologi yang sangat maju seperti sekarang saat ini tentu banyak perusahaan yang menggunakan teknik pemasaran online karna dapat dengan mudah untuk mencari pelanggan.
Pemasaran online sudah terbukti dapat menguntungkan perusahaan berikut ini adalah manfaat pemasaran online.
1. Jangkauan Yang Luas
jangkauan pemasaran online sangat luas karena kita bisa menjual barang keseluruh wilayah dengan itu kita dapat dengan mudah untuk memasarkan barang kita dan kita juga dapat dengan mudah untuk mencari pelanggan.
2. Meningkatkan Angka Penjualan
Dengan melakukan pemasaran online kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi dan kita bisa mendapatkan potensi yang lebih tinggi jika kita bisa menggunakan internet dengan baik untuk pemasaran online.
3. Lebih Hemat Biaya
Hal ini merupakan manfaat yang sangat menguntungkan bagi kita karena kalau kita menggunakan media cetak,surat kabar,papan reklama maupun tv tentu kita bisa menghabiskan biaya yang lumayan banyak.
Di bandingkan dengan pemasaran online kita bisa menghemat biaya dengan cara kita dapat memasarkanya melalui google dan media social sehingga kita dapat memasarkanya dengan gartis dan kita bisa mnedapatkan untung yang lebih tinggi.
4. Membangun Hubungan Yang Baik
Dengan Konsumen membangun hubungan yang baik tentu adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis supaya konsumen nyaman dan tertarik untuk membeli produk kita.
Oleh karena itu kita harus menjalin hubungan baik dengan konsumen di media social supaya kita dapat dengan mudah mencari konsumen.
5. Mengetahui Perilaku Konsumen
Cara marketing online selanjutnya adalah kita bisa mengetahui perilaku konsumen kita dengan itu kita dapat menentukan teknik pemasaran produk kita terhadap konsumen supaya konsumen bisa tertarik dengan produk yang akan kita jual kepada konsumen dan kita dapat mendapatkan penjualan yang tinggi.
6. Lebih Banyak Strategi
Pemasaran online dapat memungkinkan kita untuk mendapatkan konsumen yang tinggi dan kita dapat mencari konsumen dengan banyak strategi.Beberapa strategi yang dapat menjangkau konsumen adalah SEO, SEM, atau Influencer Marketing.
7. Mudah Untuk Mengukur Performa Bisnis
Cara marketing online dapat membantu anda untuk berbisnis karena dapat memberikan data yang sangat akurat.jika anda kurang puas dengan peforma bisnis tidak memuaskan maka anda bisa menggunakan data tersebut sebagai bahan evaluasi.
8. Mudah Untuk Melakukan Riset Pasar
Banyak tools yang dapat kita manfaatkan untuk riset bisnis yang akan kita jalani dalam rangka menyususn strategi yang tepat untuk bisnis penjualan.
9. Mudah Untuk Memperhatikan Kompetitor
Salah satu supaya anda unggul dari competitor yang lain adalah bisa mengecek pergerakan.dengan pemasaran online anda bisa megecek pergerakan competitor.
10. Memudahkan Pekerjaan
Manfaat pemasaran online selanjutnya dalah memudahkan kita untuk memasarkan produk yang kita jual karena kita bisa melalui media social dan tidak lagi menggunakan brosur.
Anda bisa lebih mudah untuk membuat postigan misalnya di media social ataupun facebok tanpa harus menyebarkan brosur kepada rang lain.
Cara Marketing Online yang Efektif
1. Riset
Tahapan pertma yang anda harus lakukan adalalah melakukan riset yaitu anda harus mengetahui pemasaran produk. Ada banyak sekali hal yang harus anda ketehaaui tentang pasar,produk dan competitor.
2. Tentukan Strategi Dan Sistem
Setelah anda melakukan riset langkah selanjutnya cara marketing online adalah menentukan strategi dan system untuk penjualan produk dan didasari dengan hasil riset anda di pasaran.
Dalam hal ini anda harus didasari analisis yang kuat untuk menentukan strategi yang tepat untuk pasaran .
3. Ciptakan Konten
Tahap selanjutnya untuk cara marketing online adalah dengan membuat konten dan anda harus membuat konten yang menarik supaya bisa menarik pelanggan agar tertarik dengan produk yang anda jual.
Konten tersebut tentu harus dipersiapkan dengan jelas dengan hasil riset anda contohnya anda akan menjual sebua tas anda harus memberikan informasi yang jelas mengenai produk yang anda jual supaya pelanggan menjadi tertarik dan membeli tas yang anda jual.
4. Manfaatkan Platform
Konten yang kamu buat tentu harus di uploud supaya orang tau konten yang kamu buat kamu harus menguploud konten mu dengan platform online.
Website dan media social merupakan platform yang sangat tepat untuk meng uploud kontenmu karena sekaran banyak yang menggunakan media social sehingga konten dapat dengan mudah ter akses orang lain.
Komponen Dalam Marketing Online
Di lansir dari web fx ada beberapa komponen pemasaran online yang harus di ketahui oleh pembisnis.penjelasanya sebagai berikut.
1. Search Engine Optimization (SEO)
Seo merupakan komponen penting dalam bisnis online.karena dengan seo produk kita bisa muncul dihalaman satu google dan dapat menarik komcumen untuk membeli produk yang kita jual dengan traffic yang tinggi.
2. Pay Per Click Advertising (PPC)
Ppc merupakan model iklan online kalau iklan anda di lihat dan di klik oleh orang lain maka pengiklan harus membayar iklan online tersebut.Hal ini merupakan cara cepat untuk meningkatkan traffic bisnis anda.
3. Desain Situs
Situs yang anda buat harus anda desain semenarik mungkin agar konsumen betah ketika melihat situs anda dan konsumen pun menjadi tertarik.
Jika situs anda tidak menarik maka pengguna bisa tidak tertatik dan pengguna cepat meninggalkan situs anda.
4. Content
Konten merupakan hal yang penting untuk cara marketing online. anda harus membuat konten yang menarik dan menyediakan informasi yang lengkap tentang produk yang anda jual.
Jika konten anda menyediakan informasi yang lengkap sehingga informasi bisa berguna bagi konsumen yang melihat konten anda.
5. Social Media
Media social merupakan tempat terbaik untuk berjuala online karena banyak orang yang mengunakan media social. anda bisa memasarkan produk anda di media social seperti tiktok,facebok,instagram dan youtube.
6. Email
Email meerupakan hal yang harus di perhatikan ketika berjualan online anda bisa mengirim email kepada orang lain untuk memasarkan produk yang anda jual.
7. Gunakan Tools Analisis Marketing
Supaya pemasaran online anda berjalan dengan lancer anda bisa menggunakan berbagai tools anda bisa mneggunakan tools untuk membuat riset,konten dan juga bisa untuk membantu membuat konten.
Platform Marketing Online
Ada 4 platfrom yang bagus untuk membantu anda dalam berjualan online supaya anda mudah untuk berbisnis online. bagi anda yang baru membuka usaha dan ingin bisnis anda mudah dicari dan banyak dikenal banyak orang anda bisa menggunakan jasa kelola sosmed.
1. Google Ads
Google ads merupakan layanan yang ditwarkan oleh google untuk para pebisnis agar bisa membantu berjualan online dan bisa mengakses lebih luas.
Google ads bisa membuat traffic bisnis anda menjadi lebih tinggi karena website bisnis anda akan di tempatkan halan pertama google sehingga pengunjung dapat denga mudah meng akses web anda.
2. HubSpot
Hiubspot merupakan salah satu platform yang sangat bagus karena menawarkan solusi kepada customer relation management(CRM) anda bisa menggunakan platform ini untuk mengolah data penting yang berhubungan dengan konsumen.
3. Ahrefs
Ahrefs adalah platform yang bisa membantu anda untuk menerapkan prisnsip seo.ahrefs bisa membantu anda secara berkala untuk dengan melakukan crawling untuk mengetahui traffic pencarian,kywords,bakclinks dan masih banyak lagi.
4. Facebook
Facebok adalah media social yang penggunanya juga sangat banyak dan kita bisa memanfaatkanya untuk berjualan online dan kita juga bisa membuat grup untuk berjualan online di facebok.
Tantangan dan Solusi Marketing Online
1. Kompetitor
Juga merupakan persaingan dalam berbisnis online hal ini biasanya yang membuat kita kesuliatn untuk menetapkan diri supaya kita memenangkan persaingan.
Untuk itu anda juga harus tau competitor yang menjual barang yang sama dengan anda dari situ anda tau level bisnismu dengan mereka.
Biasanya harga barang yang anda jual lebih mahal dari harga jual kmpetitrmu sehingga konsumen lebih tertarik kepada kompetitor anda. anda juga harus mempelajari bagai mana kompetitor anda menjual barang yang serupa dengan anda dan bagaimana melayani konsumenya.
Setelah itu anda bisa mempunyai gambaran bagaimana anda harus menjual barang yang sama dengan kompetitor anda.
Baca juga: Cara Membuka Usaha Online Shop Sendiri
2. Cara Marketing Online
Dalam berjualan online anda harus tau tren marketing online saat ini.berjualan online tentu sangat beda dengan berjualan offline anda juga harus mempelajari hal hal tentang cara berjualan online.
Kamu belajar tentang caranya menjual barang secara online dengan berjualan lewat,video,konten dan media social.kalau anda ingi belajar sendiri anda bisa belajar lewat google tentang “cara berjualan online” dan anda bisa banyak mengakses informasi di google.
anda juga harus ingat tentang digital marketing ini sangat berpenggaruh terhadap produk yang anda jual supaya konsumen tertarik dengan produk anda yang anda jual.
3. Target Pasar
Hal yang anda harus ketahui tentang cara marekting online adalah pentingnya menentukan target pasar.supaya anda tidak salah menentukan target pasar anda bisa melakukan riset untuk mengetahui target pasar.
Setalah anda melakukan riset anda kemudian muali berjualan online dengan cara menawarkan produk yang anda jual melalui media social.dan buatlah kontenyang menarik untuk menjual produk anda.
Contohnya kalau targetmu umur 15 sampai 25 tahun anda bisa menjualnya di tikok atau instagram dan jika targetmu umur 30 keatas anda bisa menjualnya di facebok ataupun menawarkanya di whatssap.
4. Meyakinkan Calon Pembeli
Meski banyak yang sudah tau tentang berbelanja online tapi banyak yang masih ragu tentang produk yang kita jual karena konsumen tidak bisa melihat produk yang mau di beli.
Nah tugas kita sebagai penjual adalah meyakinkan konsumen agar mau dan yakin terhadap produk yang kita jual apalagi yang perama belanja dilapak kita.
Caranya tunjukan kalau produk yang kita jual bagus dan tunjukan kalau kita professional dan amanah dalam menjual barang supaya konsumen menjadi percaya dan jadi membeli produk yang kita jual.