apa itu wordpress hosting

Tahukah Kamu Apa itu WordPress Hosting? Yuk, Kita Bahas

Pada artikel kali ini saya akan mengupas tuntas apa itu wordpress hosting. Mungkin kamu sudah mengetahui tentang WordPress Hosting namun belum tahu apa pengertiannya, bagaimana caranya, apa saja kekurangan dan kelebihannya. Oleh karena itu, disini akan kami bahas . Simak baik-baik ya, teman-teman.

Apa itu WordPress Hosting? Yuk, Kita Simak Pembahasannya

apa itu wordpress hosting

Sebelumnya mari kita bahas pengertian hosting terlebih dahulu. Hosting adalah sebuah tempat atau penyimpanan file dan data yang diperlukan website yang dapat dikelola melalui internet. File dari website yang tersimpan berupa foto, video, script, email, aplikasi & data penting.

Peran hosting tidak dpat lepas dalam pembuatan sebuah website, karena layanan online yang dimiliki, Domain juga menjadi pendukung berjalannya aktifitas situs atau website secara optimal tanpa kendala masalah.

Intinya, bisa dikatakan jika domain adalah sebuah alamat dan hosting sebagai gudangnya. Pada website akses ini bisa dilakukan jika kedua komponen ini saling terhubung dan berfungsi satu sama lain.

 

Layanan ini bisa dimiliki melewati penyedia yang akan membantu memberikan server nantinya. Data-data yang sudah dipublish pada situs bisa diakses dengan mudah melalui domain oleh pengunjung.

Pengertian Apa itu wordpress Hosting

WordPress hosting adalah sebuah layanan atau jasa layanan dari penyedia hosting khusus untuk CMS atau Content Managed System. Bisa disebut juga sebagai Managed WordPress Hosting atau regu yang membantu me-manage dan meng-optimize website user.

Mulai dari batas penyimpanan yang lebih besar, keamanan terjamin, hingga gratis tema premium. Layanan ini dapat membantu meningkatkan penampilan dari website kamu. Hal ini karena batas sumber daya yang lebih besar dari jenis hosting lainnya. Sehingga, proses loading website kamu meski banyak pengunjung website dalam satu waktu.

Selain itu, dengan fitur hosting ini kamu dapat mengelola website kamu menjadi lebih baik . Mulai dari keamanan anti virus, plugin, perlindungan malware, pencadangan otomatis, hingga fitur pembaruan tema otomatis. Situs web Anda akan terhindar dari kelambatan dan kerusakan dengan adanya beberapa fitur tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus mencoba menggunakan layanan wordpress hosting untuk website Anda.Namun, karena jasa ini berbeda dengan layanan hosting lainnya, maka akan membutuhkan dana yang lebih, membutuhkan sedikit budget yang lebih mahal untuk membeli website ini. Selain itu juga terdapat beberapa limit seperti ruang disk yang kecil dari pengunjung perbulan.  

Mungkin anda akan berpikir kenapa si kita harus menggunakan wordpress hosting dan kapan kita perlu menggunakan wordpress hosting, banyak sekali orang yang ragu dan menunggu untuk meng-upgrade ke wordpress hosting. Yuk kita bedah kapan kita perlu upgrade ke wordpress hosting

  • Website atau situs kamu sangat lemot.
  • Website suka downtime.
  • Membutuhkan waktu yang banyak untuk mengoptimasi server daripada website itu sendiri.
  • Banyak kendala saat meng-update atau memperbarui website.

Kelebihan WordPress Hosting

apa itu hosting wordpress

Sumber Daya yang Besar

Resource yang besar, setiap situs memiliki kebutuhan memori tersendiri yang diperlukan. Sumber daya ini digunakan untuk menyimpan file dan data-data yang diperlukan dalam website. Oleh karena itu, gunakanlah wordpress hosting agar website kamu bisa bekerja secara optimal.

Pengaturan Pengelolaan yang Mudah

Saat situs website kamu sedang padat pengunjung atau klien, sangat mendesak bagi anda untuk mengelola dengan baik. Dengan menggunakan hosting website WordPress, kamu dapat dengan mudah mengatur dengan mudah tanpa melakukan banyak hal. Sehingga anda dapar mengembangkat situs kamun dan menghemat banyak waktu.

Keamanan

Dengan memakai wordpress hosting, keamanan sudah dijamin oleh perusahaan, Jadi kamu ngga perlu khawatir terhadap serangan mendadak seperti cybercrime, malware, atau virus.

Pencadangan dan Pembaruan Otomatis

Saat menggunakan hosting, Anda tidak perlu repot lagi dalam mengupdate website karena ada fitur pembaruan otomatis. Di mulai dari wordpress versi terbaru, pembaruan tema, plugin, dan pembaruan php.

Cepat atau Cepat

Tentunya dengan memakai hosting, kecepatan pun akan meningkat. Pemuatan halaman website akan lebih cepat dibandingkan menggunakan shared hosting. Walaupun kunjungan website sedang ramai. Website mu cepat, pengunjung pun akan betah dan senang berlama-lama di situs mu.

Waktu Henti Bebas

Situs yang lemah atau turun memang sering kali menjadi masalah bagi pemilik website. Namun jika website mu terus menerus lemah, maka kamu pun akan kehilangan banyak pengunjung yang tidak ingin datang lagi karena website kamu sudah dianggap buruk. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, dengan menggunakan hosting ini website kamu akan aman dari downtime meskipun situs kamu sedang ramai pengunjung.

Biaya Sedikit

Budget untuk wordpress hosting terbilang cukup mahal dibandingkan dengan shared hosting. Namun dengan fitur yang tersedia di wordpress hosting, tentunya akan membuat kamu lebih irit biaya. Menggunakan wordpress hosting juga menjadi solusi supaya situs kamu lebih aman dan cepat serta terbebas dari downtime.

Dukung Tim Pakar

Dengan menggunakan hosting wordpress ini, Anda dapat memperoleh dukungan untuk mendapatkan ahli yang tepercaya dan dengan cepat memberi tanggapan dari penyedia hosting. Bila sewaktu-waktu ada kendala saat mengoptimasi website kamu, wordpress ini akan sangat membantumu.

Kekurangan WordPress Hosting

apa itu wordpress hosting

Semua produk dan layanan tentunya memiliki kekurangan, begitu juga dengan wordpress hosting ini. Lalu, Apa kekurangan dari layanan ini? Berikut penjelasannya:

Harga Lebih Mahal

Harga wordpess hosting sedikit lebih mahal di atas cloud hosting dan shared hosting. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang Anda bayarkan akan sebanding dengan kemampuan dan fitur-fitur yang tersedia di wordpress hosting

Kontrol Kurang Penuh

Karena layanan ini dikelola penuh oleh penyedia, maka Anda tidak dapat memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang Anda miliki dari segala aspek, baik secara teknik ataupun nonteknik.

Lain dengan hosting pada umumnya, di mana kamu bisa menambahkan nama domain, subdomain, memasang cms dan lain sebagainya.

Batasi CMS WordPress Saja

Namun sayang layanan ini hanya di khususkan untuk CMS di WordPress saja. Bagi kamu berniat untuk membangun website tanpa menggunakan wordpress lebih baik menggunakan cloud hosting karena tidak ada batasan dalam instalasi platform situs apapun.

Selain itu ada banyak jenis hosting yang bisa kamu pilih selain wordpress hosting lhoo, pilihlah sesuai dengan budget dan kebutuhan yaa. Yuk kita lihat

1. Share Hosting

Jenis pertama adalah shared hosting layanan hosting ini mengharuskan Anda untuk berbagi atau bersama dengan pengguna lain yang lebih dari satu dalam server utama. Penyimpanan yang ada di shared hosting memiliki jumlah khusus.

Layanan hosting ini sering kali menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berlangganan bulanan atau pertahun dengan harga yang murah. Hosting ini ditujukan bagi kamu yang baru memulai membuat website untuk usaha baru guna mendorong performa bisnisnya dan bagi kamu yang traffic websitenya masih belum tinggi.

Di hosting ini, pengguna memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengelola situs web mereka sendiri. Sedangkan penyedia layanan mempunyai kewajiban untuk menjaga dan memelihara agar website tetap stabil serta keamanan pun terjaga.

2. Cloud Hosting

Tipe yang kedua ini sangat canggih atau cerdas dalam urusan hosting situs web. Dasar hosting ini dapat melayani puluhan ribu bahkan ratusan ribu server.

Meskipun memiliki jumlah ratusan server, Anda tidak perlu khawatir situs web mengalami downtime karena setiap server yang ada di kumpulan sudah menyimpan data terkini dari situs Anda. Saat server sibuk, kelompok akan secara otomatis memindahkan ke server yang sedang tidak sibuk.

Atas kemampuan dasar hosting ini berikan harga yang terbilang cukup mahal yaitu berkisar dari 200 ribu bahkan sampai 1juta rupiah. Cloud hosting juga lebih cepat dari pada shared hosting. Cara kerja cloud hosting:

Cloud hosting ini bergerak melalui virtualisasi atau bisa disebut teknologi yang membagi fisik server menjadi beberapa mesin virtual yang dapat menjalankan program yang sama seperti komputer yang disebut cloud server. Lalu, server-server ini bersatu menjadi satu jaringan untuk menghosting situs. Karena strukturnya yang saling berhungan cloud hosting disebut juga cluster server hosting.

Beberapa jenis situs yang seringkali menggunakan cloud hosting adalah media sosial, mesin pencari, situs berita, dan toko online.

Pada intinya, layanan ini sangat cocok pada situs apapun yang membutuhkan banyak ruang disk untuk memenuhi kebutuhan ramainya pengunjung, jumlah file dan data, serta bandwidth dan daya pemopresan yang tinggi.

3. Hosting VPS

Tipe ketiga adalah hosting VPS, layanan dengan kelebihan yang unik untuk para pengguna ini memiliki tempat server khusus yang sudah dirancang agar tidak terpengaruh oleh lalu lintas yang berbeda.

Maksudnya ketika traffic dalam situs yang satu server sedang tinggi tidak akan ada dampak yang muncul pada website itu sendiri. Tingginya trafik tidak akan merubah kinerja update website.

Hosting di bandrol dengan kisaran 60 ribu untuk yang paling murah, sementara yang paling mahal berkisar 500 ribu per bulan untuk dapat memanfaatkannya.

4. Hosting Khusus

Yang terakhir adalah dedicated hosting, di layanan ini kamu akan menyewa semua server fisik untuk meng-onlinekan website bisnis kamu. Dedicated hosting adalah pilihan yang tepat jika trafik websitemu sering tinggi, karena server yang dimilki sangat cepat, fleksibel dan bisa dimodifikasi sepenuhnya sesuai keinginan.

Namun, hosting ini tidak bisa disamakan dengan jenis hosting yang lain, karena harganya yang terbilang cukup mahal sehingga kurang baik bagi kamu yang hanya memiliki website yang kecil dan sederhana.

Penutup

Demikian sudah artikel yang kita buat mengenai pengertian dari apa itu wordpress hosting serta kelebihan dan kekurangan dari wordpress hosting. Semoga isi dari artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami tentang jenis hosting ini dan dapat membuat Anda yakin untuk menggunakan layanan ini mulai sekarang.

Kita ingin mengungkapkan banyak terima kasih atas kunjungannya di website ini. Di sini, kami berjanji untuk membangun pandangan yang baik kepada khalayak dengan membuat produk/jasa yang berkualitas tinggi dan memenuhi harapan Anda. Sejauh ini dalam perjalanan bisnis kita, kita sangat menghormati serta menghargai kepercayaan kamu terhadap kami.

Jika kamu mempunyai masukan, pertanyaan atau pun feedback jangan sungkan untuk menghubungi kita. Kami dengan senang hati mendengar Anda dan siap membantu apa yang Anda butuhkan.

Kita harap kita tetap berhubungan erat saling percaya dan saling membutuhkan. terima kasih atas dukungan anda. Semoga kami dapat melayani Anda dengan layanan yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

 

Share : 

Open chat