cara mengelola media sosial

Cara Mengelola Media Sosial, Bagaimana Ya ?? Yuk Kita Cari Tahu

Hallo Semuanya Apa Kabar? Terima Kasih telah mengunjungi dan mengklik artikel kami,baiklah disini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengelola sosial media …..

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengelola sosial media disini sebelumnya saya akan menuliskan sedikit tentang sosial media …..

Sejarah Media Sosial

Awal mula keberadaan sosial media adalah pada tahun1970-an pada saat itu  awalnya karena ditemukannya sistem papan buletin yang untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain melalui atau menggunakan surat elektronik lalu  mengunggah dan mengunduh nya di perangkat lunak,namun Aktivitas ini masih dilakukan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.

Sosial Media awalnya adalah serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf, Pada Awalnya dari situ lalu lama semakin kelamaan sosial media berkembang sangat besar dan menjadi seperti sekarang .

Media Sosial

Media sosial adalah tempat untuk berkonten kreasi,bersosialisi,berinteraksi,bertukar informasi,dan berteman atau mencari teman namun dilakukan secara online,biasanya medial sosial adalah menggunakan aplikasi online.

Jenis-Jenis dari Sosial Media

cara mengelola media sosial

1. Jejaring Sosial

2.Aplikasi Berbagi Foto

3.Berbagi Video

4.Media Interaktif

Berikut saya akan menjelaskan apa saja biasanya aplikasi yang biasa dipakai untuk bersosial media :

1.Youtube :

Youtube adalah suatu aplikasi sosial media untuk kita dalam membuat video konten,seperti vlog,musik video dan banyak lagi konten-konten menarik dari youtube.

2.TikTok :

TikTok adalalah suatu aplikasi sosial media yang menyediakan atau menggunakan fitur musik,filter dll.

TikTok dan Youtube sedikit mirip namun jika TikTok video konten tiktok yang di upload lebih short atau lebih pendek.

3.Instagram :

Instagram adalah salah satu aplikasi atau platfrom yang berjenis jejaring sosial biasa nya digunakan untuk berbagi,video foto kita dan dalam instagram juga kita dapat mencari tempat.

4.Twitter :

Twitter adalah suatu plaftfrom yang sama seperti instagram aplikasi atau platfrom yang berjenis jejaring sosial digunakan untuk berbagi video foto kita dan juga bedanya kalau di twitter kita bisa memposting teks atau thread.

5.WhatsApp :

WhatsApp adalah aplikasi sosial media yang populer whatsapp digunakan sebagai aplikasi untuk chat atau mengirim pesan bertukar pesan dan telfon online dan banyak lagi dari fitur-fitur whatsapp.

6.Line :

Line adalah aplikasi yang mirip seperti whatsapp digunakan sebagai aplikasi untuk chat atau mengirim pesan bertukar pesan dan telfon online .

Dan dalam line juga masih banyak lagi fitur-fitur lain yang disediakan di line.

7.Facebook :

Facebook adalah aplikasi sama seperti kawan-kawan nya yang lain seperti instagram,twitter aplikasi atau platfrom tersebut gunakan untuk berbagi,video foto kita dan juga kita bisa memposting cuitan teks kita di dalam facebook.

Fungsi Media Sosial

Fungsi dari sosial media adalah untuk berbagi bertukar informasi,berkreasi membuat konten,mencari teman dan bersosialisasi secara online menggunakan suatu aplikasi platfrom.

Manfaat Media Sosial

cara mengelola media sosial

1.Mudah Menemukan Berita Terupdate

Manfaat dari media sosial yang pertama adalah kita dapat menemukan berita terupdate dan terkini.

Karena jejaring media sosial penyebaran nya sangat cepat jadi kita dapat mudah menemukan berita terbaru di sosial media.

2.Dapat Menghilangkan Kejenuhan

Dengan kita bermain sosial media kita dapat menghilangkan kejenuhan kita.

Karena di sosial media terdapat banyak konten-konten yang menarik dan lucu yang dapat menghilangkan kejenuhan kita.

3.Bisa Kita Jadikan Tempat Berbisnis

Dengan kita bermain sosial media,sosial media juga bisa kita jadikan sebagai tempat bisnis kita bisa berjualan baju,barang,sepatu,makanan dll di sosial media.

4.Bisa Kita Taruh Sebagai Tempat Dokumentasi Kita

Dengan manfaat adanya sosial media ini kita bisa gunakan sebagai tempat menaruh dokumentasi kita.

Kita bisa isi sosial media kita dengan memposting hasil dokumentasi yang kita punya.

5.Tempat Mengekspresikan Diri

Manfaat dari sosial media  yang kelima juga kita dapat mengekspresikan diri kita disitu,tapi dalam mengekspresikan diri dalam media sosial juga kita perlu berhati-hati ya .

Dampak Positif Sosial Media :

1.Mudah Mencari Informasi Tentang Apapun

Dampak Positif media sosial yang pertama adalah kita dapat menemukan berita terupdate dan terkini.

Karena jejaring media sosial penyebaran nya sangat cepat jadi kita dapat mudah menemukan berita terbaru di sosial media.

2.Dapat Berinteraksi Dengan Orang Lain Secara Online

Dampak Positif yang kedua adalah kita dapat berinteraksi dengan yang lain secara online dan juga dapat menambah teman baru.

3.Dapat Mengekspresikan Diri Kita dengan Bebas

Dengan adanya sosial media kita dapat mengekspresikan diri kita disitu,kita bisa posting foto kita,video kita atau cuitan pada saat kita stress atau bosan.

Tetapi dalam mengekspresikan diri dalam media sosial juga kita perlu berhati-hati ya .

5.Dapat Menjadikan nya Lapangan Kerja Baru

Dengan kita bermain sosial media disini kita dapat menjadikan nya sebagai lapangan kerja baru , kita disini bisa membuka bisnis kita di online.

Dampak Negatif Sosial Media :

1.Maraknya Penipuan dan Modus

Dalam banyak nya manfaat dan dampak positif nya media sosial pun  tentu ada dampak negatif yang terselinap salah satunya ini maraknya penipuan dan modus disosial media , dalam menggunakan sosial media tentu kita wajib hati-hati.

2.Penyebaran Berita atau Informasi Hoax

Dalam penggunaan sosial media kita perlu hati-hati menyikapi berita atau informasi yang beredar terkadang memang iya media sosial selalu menyajikan berita terupdate namun kita perlu menyaring terlebih dahulu berita tersebut apakah benar atau hoax.

3.Menjadikan Penggunanya Kecanduan

Dalam bersosial media jika kita terlalu sering bermain sosial media kita bisa kecanduan dan tidak ingin beraktivitas dan bermalas-malasan,

Kita harus membatasi dalam penggunaan nya jangan terlalu sering jika kita sering menggunakan sosial media kita bisa kecanduan.

4.Tempat Cyberbullying

Bully sekarang tidak hanya dari kata-kata yang terucap langsung dan fisik namun sekarang semenjak ada sosial media bully pun masih sering terjadi bahkan lebih parah lagi.

Dalam sosial media bully ini dinamakan sebagai Cyberbullying.

5.Maraknya Konten Negatif

Dalam sosial media ini banyak dan marak sekali konten-konten negatif dan jahat,dalam menggunakan sosial media kita perlu waspada dan hati-hati sendiri dalam menyikapinya.

Selanjutnya kita akan bahas cara mengelola sosial media untuk yang ingin menjadi konten kreator atau hanya untuk agar kita konsisten saja dalam mengelola sosial media.

Cara Mengelola Media Sosial Pribadi :

cara mengelola media sosial

1.Tentukan Sosial Media Yang Akan Kita Kelola

Pertama kita perlu menentukan sosial media yang akan kita kelola terlebih dahulu , contoh – contoh sosial media yang dapat kita manfaatkan untuk kita kelola adalah youtube,tiktok,instagram,twitter dll .

2.Pasang Profil Picture

Agar tidak terlihat seperti akun bodong atau akun palsu kita perlu pasang profil picture kita.

3.Jadikan Tempat Dokumentasi

Kita bisa upload foto hasil dokumentasi kita di medsos kita contoh kita bisa upload foto dokumentasi kita di instagram dan untuk dokumentasi video kita bisa taruh di tiktok atau youtube kita dan juga kita bisa dokumentasikan cuitan kita di threads twitter.

4.Konsisten Dalam Membuat Konten

Agar akun kita tidak terlihat seperti tidak aktif kita harus konsisten dalam mengupload konten 1 minggu 1 kali atau lebih dari 1 minggu 1 kali itu juga lebih baik.

Yang penting Kita Dalam 1 Minggu itu ada upload konten .

5.Berinteraksi dengan Followers

Berikan respons pada followers dan tanggapi  komentar, pertanyaan, dan pesan dari followers Anda

Cara Mengelola Media Sosial Untuk Menjadi Influencer:

1.Tentukan Media Sosial yang Akan Kita Kelola

Pertama kita perlu menentukan sosial media yang akan kita kelola terlebih dahulu.

Contoh – contoh sosial media yang dapat kita manfaatkan untuk kita kelola adalah youtube,tiktok,instagram,twitter dan masih banyak lagi .

2.Pasang Profile Picture dan Feeds yang Menarik

Hal pertama jika kita ingin menjadi seorang influencer dalam mengeleola media sosial adalah  memasang profile picture dan feed yang menarik.

Untuk menarik perhatian dari audiens atau para pengguna sosmed yang lain.

3.Mengenali Target Audiens

Dalam kita mengelola media sosial kita kita perlu mengenali target audiens kita seperti apa,terlebih jika kita mengelola akun sosial media kita sebagai konten kreator atau influencer.

4.Membuat Konten yang Terbaru dan Sedang Trend Saat Itu

Untuk kita pandai dalam mengelola sosial media kita,Kita bisa membuat konten di akun media sosial dengan membuat konten yang terbaru dan konten yang sedang saat trend pada saat itu.

5.Konsisten Dalam Membuat Konten

Jika kita ingin menjadi seorang influencer dalam mengelola akun media sosial kita perlu konsisten dalam  membuat konten,

Kita perlu konsisten minimal 1 hari upload konten atau minimal seminggu 3 kali dalam upload konten.

6.Berinteraksi dengan Followers

Berikan respons pada followers dan tanggapi  komentar, pertanyaan, dan pesan dari followers Anda

jika ada komentar negatif anda harus menanggapinya dengan bijak

7.Buka Endorsment

Jika kita sudah bisa mengelola dan memenejemen akun sosial media kita dan kita juga sudah cukup mempunyai followers yang banyak kita bisa buka endorsment,kita dapat mempromosikan produk-produk orang.

Manfaat Mengelola Media Sosial :

1.Bertambah nya Followers

Dengan kita mengelola sosial media kita dengan mengepost berbagai macam konten yang menarik dan bermanfaat pasti orang-orang menyukai postingan kita dan tentu orang-orang suka konten kita dan akan mengikuti kita di platfrom tersebut.

2.Membuka Peluang Bisnis

Jika kita sudah mulai konsisten dalam mengupload konten dan mempunyai cukup banyak followers kita bisa membuka jasa endorsment atau bisnis-bisnis yang lain dan dari itu kita akan menghasilkan uang dari mengelola sosial media kita .

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel di atas adalah sosial media adalah tempat untuk berkonten kreasi,bersosialisi,berinteraksi,bertukar informasi,dan berteman atau mencari teman namun dilakukan secara online,biasanya sosial media adalah menggunakan aplikasi online. dan dari adanya sosial media ini kita dapat tahu apa saja media sosial yang dapat kita kelola dan juga kita jadi tahu manfaat, dampak-dampak postif dan negatif nya dari sosial media dan juga kita juga tentu harus berhati-hati dalam bersosial media karena dengan adanya nya sosial media ini kita dapat menyebabkan dampak dan negatif dan positif nya sangat banyak jadi kita harus pandai-pandai sendiri dalam menyikapi nya ya readers…..

Penutup

Baiklah readers terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel dari kami semoga readers yang membaca artikel ini terbantu dan jadi mengetahui yaitu bagaimana cara mengelola media sosial dan jadi tahu manfaat, dampak-dampak postif dan negatif nya dari cara mengelola media sosial dan juga semoga readers yang membaca artikel ini sehat selalu dan selalu dalam lindungan-nya yang maha kuasa Aamiin YRA ……

Kurang lebih nya jika ada salah kata dan ketik dalam pengertian artikel di atas mohon dimaklumi dan mohon maaf…..

Terima Kasih Readers Sampai Jumpa Diartikel Selanjutnya dan Semoga Harimu Menyenangkan Selalu Hehehe  …..

Share : 

Open chat