Apa Yang Dimaksud Endorse

Apa Yang Dimaksud Endorse, kelebihan dan kekurangannya

Apa Yang Dimaksud Endorse? Endorse merupakan bagian dari aktivitas promosi iklan dengan cara memanfaatkan pihak lain, untuk cara melakukannya biasanya melalui artis, influencer atau selebriti dimedia sosial. Endorse bisa dilakukan secara terang-terangan maupun secara natural soft selling.

Di era media sosial saat ini, Makna public figure atau selebriti menjadi lebih luas, mencakup orang-orang yang populer di media sosial yang biasa disebut selegram. Para selebgram tersebut sudah dianggap terkenal karena memiliki pengikut atau followers yang berjumlah ribuan bahkan juta. Promo ini dapat dilakukan bisa dengan berbayar ataupun tidak berbayar sesuai dengan kesepakatan.

Apa yang dimaksud dengan Endorse?

Apa Yang Dimaksud MendukungIstilah endorse sendiri merupakan kata dalam bahasa inggris yang artinya “menyetujui”, “mendukung”. Dalam kaitan endorse mempunyai kata makna. Lalu apa yang dimaksud endorse? endorse merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang seperti Artis, influencer dan selebriti untuk mendukung suatu merek/bisnis, yang hasil akhirnya adalah peningkatan penjualan.

Endorse bisa diartikan sebagai bentuk strategi pemasaran yang berupa iklan dengan menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, rasa malu, atau kesadaran yang tinggi di masyarakat. Perusahaan juga akan mencantumkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan suatu produk ataupun layanan.

Apa yang dimaksud Mendukung? Umumnya, endorsement dilakukan dengan cara suatu merek atau toko memberikan produknya kepada artis atau tokoh berpengaruh, kemudian tokoh tersebut berkewajiban untuk membuat foto atau video dan memberikan ulasan terkait produk yang diterimanya. Dan akan dipublikasikan ke media sosial dan dianggap sebagai testimoni.

Jenis Jenis Endorse

Endorse Tidak Berbayar

Apa yang dimaksud Endorse tidak berbayar? Endorse tidak berbayar adalah jenis yang dilakukan tanpa membayar jasa pelatihanan. Brand akan mengirimkan sample produk kepada public figure yang bersangkutan agar barang atau jasa yang ditawarkan bisa dicoba terlebih dahulu.

Endorse Berbayar

Apa Yang Dimaksud Endorse berbayar? Endorse berbayar adalah jenis yang memerlukan uang dan kontrak eksklusif untuk melakukan perjanjian dengan pihak tertentu yang dituju tujuannya adalah untuk mempromosikan barang atau jasa tersebut. Kontrak ini memuat tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh tokoh masyarakat.

Kelebihan Endorse 

apa yang dimaksud endorse

1. Dapat Membangun Kesadaran

Untuk membangun Kesadaran. Dengan brand atas jasa yang ditawarkan akan dilihat, dikenal, dan dicari banyak orang setelah mendapatkan Awareness, Anda bisa menjalankan strategi berikutnya. 

2. Membuat Brand Lebih Menonjol

Manfaat pertama adalah membuat brand lebih menonjol daripada brand lain yang tidak meng-endorse selebritis. Menggunakan selebritis untuk mewakili merek dan membantu merek dari pesaing lain.

Ini juga meningkatkan popularitas iklan, membuat konsumen mengingkat iklan, dan meningkatkan konsumen bahwa merek terhubung dengan selebriti favorit mereka.

3. Penjualan Lebih Cepat Meningkat 

Dengan adanya Endorse, penjualan produk kamu bisa makin meningkat dengan cepat, karena , produk kamu sudah dikenal banyak orang dan masyarakat makin tertarik untuk memiliki produk tersebut. Karena itu, dengan melakukan Endorse produk kamu bisa mendatangkan keuntungan yang lebih dari harga yang di bayarkan pada jasa Endorse. 

Hal ini juga karena sorang public figure atau seorang influencer akan menjadi trendsetter bagi para fans-nya. Dengan demikian kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan penjualan yang sangat tinggi. 

4. Meningkatkan kredibilitas 

Endorse juga akan dapat membantu meningkatkan kredibilitas produk atau jasa. Ketika produk atau jasa di rekomendasikan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau otoritas di bidangnya. Hal ini dapat memberikan kepercayaan tambahan pada produk atau jasa tersebut. Dan akan meningkatkan kredibilitas merek. 

5. Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas 

Anda juga dapat berpeluang menjangkau target pasar yang sangat luas dan semakin terbuka. Apalagi ketika brand tersebut berhasil menggaet seorang public figure dengan jumlah followers yang fantastis 

Maka dari kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan sistem endorse adalah kesempatan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas

Kekurangan Endorse 

Menurut masyarakat, media promosi endorse memang dinilai efektif untuk menarik minat para pembeli. Tapi tak sedikit yang menyatakan bahwa endorse itu memiliki banyak kekurangan.

1. Biaya Relatif Mahal

Terkadang beberapa public figure menawarkan jasa endorse dengan jasa murah atau gratis. Namun, bagi pemilik usaha yang ingin menggunakan figur publik dengan popularitas yang baik, biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. 

Ketahuilah Brand akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun membayar figur publik juga bergantung pada popularitas maupun pengaruhnya. Sayangnya, ada beberapa endorser yang dibayar mahal, tetapi kinerja dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Akan tetapi banyak brand yang meminta para endorser untuk melakukan kegiatan endorse nya secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka juga menggunakan kekuatan dari public figure tersebut untuk melakukan kegiatan promosi produknya. 

2. Popularitas Selebriti Mudah Berubah

Saat brand yang memilih public figure untuk mengiklankan sebuah produk, kemudian public figure tersebut terkena permasalahan atau skandal, secara tidak langsung reputasinya dan popularitasnya juga akan ikut berubah. Hal ini pasti akan mempengaruhi citra produk yang sedang dipromosikan. 

3. Tidak Bertahan Lama

Promosi yang menggunakan jasa  endorse  tidak bisa bertahan lama seperti pada promosi lainnya. Jika  brand  ingin konten produknya bertahan lebih lama, harus membayar lebih kepada  figur publik  yang di- endorse

Cara Meminta Endorse

Setelah mengetahui keuntungan endorse dan hal yang harus dipertimbangkan, sekarang kita akan membahas bagaimana proses dari kegiatan ini berlangsung. Umumnya, setiap public figure memiliki proses endorsement yang berbeda-beda.

Mulai dari tarif kartu, media yang digunakan, bentuk konten yang ditingkatkan, jumlah konten yang diunggah, hingga cara menyampaikan konten tersebut.

Selengkapnya tentang cara meminta endorse adalah sebagai berikut:

  • Lakukan riset selebgram yang cocok dengan produk, target pasar, serta strategi dan budget marketing yang disediakan perusahaan
  • Hubingi kontak person yang bertanggung jawab untuk mengurus segala bentuk kerjasama dengan selebgram terpilih
  • Setelah itu, pada umumnya pihak public figure akan memberikan sejumlah ketentuan terkait kontrak endorsement yang akan dilakukannya. Mulai dari rate card, produk apa saja yang diterima, dan estimasi waktu untuk melakukan endorsement. 
  • Jika dari pihak perusahaan atau Anda menyetujui beberapa ketentuan yang diberikan, maka Anda bisa membayar rate card pada selebgram terpilih. 
  • Anda juga dapat menyampaikan ketentuan seperti kontrak kerjasama yang terkait endorsement ini. Mulai dari konten, materi konten, cara dicari, kata-kata atau bahasa yang digunakan, ajakan tindakan yang digunakan, estimasi waktu endorsement, dan hal-hal terkait endorsement lainnya. 
  • Ketika pemilihan produk atau jasa sudah mencapai kesepakatan Anda bisa mengirimkan produk ke figur publik
  • Dan yang terakhir, Anda sudah tinggal menunggu public figure saja untuk mengunggah konten endorsement yang sudah sesuai dengan kesepakatan yang sudah berlaku
  • Setelah proses endorse rampung, selesaikan pembayaran rate card selebgram secepatnya. 

Hal yang harus Anda perhatikan dan tanyakan di sini adalah apakah pihak public figure mengambil endorsement dari brand lain. Jika benar, kemungkinan besar promosi produk dan/atau jasa Anda tidak langsung diunggah. Sebab harus mengantri dengan brand lain tersebut.

Jika dalam waktu yang ditentukan pihak public figure tidak kunjung mengunggah konten yang diminta, maka Anda bisa menuntut pengembalian uang dan produk yang sudah dikirimkan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih  Public Figure  untuk  Endorsement

Meski merupakan strategi marketing yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum endorse selebgram agar hasilnya maksimal. Hal Ini karena sedikit saja kesalahan dalam melakukannya, yang bisa berakibat fatal bagi brand Anda.

  • Dalam Melakukan Endorse perlu adanya Komitmen 

Komitmen atau kesepakatan ini juga bisa berbeda, antara satu brand dengan brand yang lain. Tapi, ada satu hal yang sering ada dalam perjanjian endorsement yaitu keterikatan brand dengan endorser. Biasanya Endorser tidak cenderung melakukan endorse dari kompetitor brand. Oleh karena itu endorser harus mampu berkomitmen dengan brand yang mengontraknya 

  • Budget yang di perlukan pada endorse

Jangan lupa mempertimbangkan budget yang kamu miliki dengan yang akan kamu pilih, jangan sampai nanti selebgram yang kamu pilih tidak sesuai dengan budget.

Dalam hal pemasaran, biasanya budget yang besar juga akan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan budget yang sudah tersedia. Kemudian tingkatkan budget dengan memilih influencer yang memiliki engagement rate yang tinggi. 

  • Jumlah Pengikut

Memperhatikan jumlah followers juga viewers di seluruh sosial media dari public figure tersebut. Sebab ini merupakan salah satu aspek yang memiliki dampak paling signifikan pada keberhasilan pemasaran produk. 

Jadi jika Anda melakukan endorse kepada selebgram atau artis dengan total followers 1 juta, kemungkinan iklan yang nantinya ia tayangkan akan sebanyak itu juga. 

  • Engagement Rate

Selain Anda dapat memperhatikan jumlah followersnya, Anda juga harus perlu mengecek apakah sosok yang akan di endorse adalah orang yang sudah sesuai dengan pangsa produk atau belum. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan pada intensitas postingan yang disajikan oleh pemilik akun tersebut. 

Jadi misalnya Anda adalah pengusaha make up dan ingin melakukan endorse. Maka pilihlah artis atau public figure yang memiliki keterkaitan pada produk tersebut. 

Kesimpulan dan Penutup 

Dukungan Pengesahan sangatlah berpengaruh yang kuat pada pengguna media sosial. Dengan melihat orang yang kita rasai, orang yang sangat dekat dengan kita ataupun tokoh masyarakat, akan mendukung suatu produk dan akan membuat kita cenderung ingin membeli produk tersebut . Hal ini juga dikarenakan manusia adalah makhluk sosial, dan dukungan Endorsement juga akan selalu mengikuti sifat manusia kita. 

Setiap brand juga akan sangat membutuhkan dukungan, dan setiap pembuat brand juga harus mendorong orang-orang yang bertujuan untuk berbicara secara positif dan publik tentang produk dan brand itu sendiri. Pengesahan berbayar memang lebih rumit, tetapi masuk akal untuk lebih banyak merek daripada yang saat ini dipertimbangkan. 

Asalkan kalian tahu, bahwa ada peraturan dan kewajiban yang sudah terkait dengan dukungan berbayar seperti Endorsement. Hal yang paling penting dan yang harus diingat adalah bahwa merek dan pendukung berbayar sudah terikat secara hukum dan keduanya akan terancam jika yang lain membuat pernyataan yang mengantisipasi atau mengabaikan hal yang perlukan dalam industri mereka. Jadi sebaiknya Anda hanya bekerja dengan endorser yang handal dan profesional agar brand Anda lebih aman. 

Share : 

Open chat