cara belajar marketing untuk pemula

Cara Belajar Marketing Untuk Pemula – Pengertian, Jenis dan Strategi

Kamu baru saja memulai bisnis atau masih pemula dalam merintis bisnis dan ingin memulai marketing? tapi masih bingung bagaimana cara belajar marketing untuk pemula ?. Mungkin, pertanyaan seperti ini terus berputar di kepala kamu sebelum menemukan artikel ini.

Nah, bagi kamu pemula yang ingin memulai strategi pemasaran, saran dari kami sebaiknya kamu mempertimbangkan dulu apa saja yang cocok untuk pemasaran bisnismu, di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang pengertian pemasaran, tujuan pemasaran, cara kerja pemasaran, strategi pemasaran , dan jenis- jenis pemasaran.

Cara Belajar Marketing Untuk Pemula

cara belajar marketing untuk pemula

Marketing merupakan salah satu senjata paling ampuh dalam sebuah bisnis, dimana dengan kita memakai marketing untuk mempromosikan bisnis kita, brand atau produk kita bisa dikenal dan reputasinya akan meningkat, kita juga akan memperoleh omset yang lebih besar jika kita mampu menggunakan strategi marketing dengan baik.

Namun, sebelumnya kamu harus memilih terlebih dahulu mana pemasaran yang cocok untuk usahamu, mana yang bisa membuatmu mendapatkan hasil terbaik. Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang atau baru memulai bisnis sebaiknya memahami cara belajar marketing untuk pemula supaya kamu mengerti marketing dan juga seperti apa cara kerjanya.

Tentunya dengan mempelajari terlebih dahulu ilmu itu akan membantu kamu dalam mengelola bisnismu, selain itu kamu juga dapat bekerja diperusahaan dimana kamu yang mengurusi perusahaan tersebut.

Pengertian Marketing

cara belajar marketing untuk pemula

Marketing adalah kegiatan strategi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis yang mana prosesnya dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktifitas yang bertujuan untuk mempromosikan penawaran, pembelian dan penjualan produk/jasa dari bisnisnya kepada target pasar.

Tujuannya ialah untuk meningkatkan merek dan mencapai keuntungan sesuai target perusahaan. Ada beberapa hal yang menampung pemasaran yaitu seperti penjualan, pengiriman produk ke konsumen atau mitra kerja lainnya, dan periklanan. Perusahaan juga harus dapat memahami dan memenuhi keinginan pelanggan serta mampu mengembangkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan dalam menjalankan strategi.

Tujuan Pemasaran Dalam Bisnis

Pemasaran dalam bisnis bertujuan mencapai kesuksesan jangka panjang perusahaan, tujuan pertama yaitu kesadaran merek atau produk di pasar. Dengan meningkatkan kesadaran, perusahaan dapat memperluas jangkauan pasar dan menarik minat pelanggan serta dapat membedakan diri dari pesaing.

Tujuan yang kedua adalah mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan kepuasan pelanggan, sehingga perusahaan dapat membangun loyalitas, memperoleh penghargaan pelanggan, dan mendapatkan pembelian secara berulang. Sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selanjutnya, melalui pemasaran yang efektif penjualan akan meningkat, dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, tujuan pemasaran juga untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya pemasaran, perusahaan dapat mencapai tujuan untuk mencapai keuntungan dan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi.

Cara Kerja Marketing

  • Target Pasar
    Tahap pertama, meneliti pasar untuk mengetahui perilaku konsumen, kebutuhan dan preferensi, bisa berdasarkan faktor seperti minat, lokasi geografis, pendapatan, jenis kelamin, atau umur.
  • Menentukan Strategi Pemasaran
    Selanjutnya, harus mengembangkan strategi yang tepat untuk meraih pelanggan, bisa dengan menggunakan perusahaan media promosi seperti iklan di media cetak atau televisi, melalui media sosial atau website, atau dengan promosi secara langsung seperti pameran.
  • Pemasaran Produk Atau Jasa
    Yang ketiga, perusahaan harus mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk menjual produk, seperti menentukan harga yang tepat, menentukan distribusi yang pas, dan kampanye yang efektif.
  • Menjual Produk
    Lalu, perusahaan harus menjual produknya kepada konsumen, melalui agen penjualan, e-commers, atau toko retail.
  • Pemasaran Jangka Panjang
    Tahap akhir yaitu, perusahaan harus terus menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan dan terus mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan kedepannya. Seperti menawarkan promosi khusus, melakukan promosi langsung kepada pelanggan yang sudah bergabung, serta mengadakan program loyalitas. 

Strategi Marketing Untuk Pemula yang Tepat

  1.  Segmentasi Pasar, strategi ini membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok berdasarkan, minat, umur, pendapatan, lokasi geografis, dan jenis kelamin. Setelah terdata perusahaan dapat mengembangkan strategi sesuai dengan kelompok.
  2. Targeting Market, s etelah sudah mensegmentasi pasar, perusahaan dapat menyusun strategi sesuai target pasar yang dituju perusahaan.
  3. Differentiation, keunggulan produk yang terlihat oleh pelanggan, sehingga perusahaan dapat membedakan produk dari pesaing.
  4. Positioning, penempatan produk dalam diri pelanggan dengan cara yang sesuai dengan keunggulan produk
  5. Promosi,  cara menambahkan pemasaran produk.
  6. Harga,  harga jual yang sesuai dengan produk yang ditawarkan, yang mana perusahaan juga dapat keuntungan.
  7. Distribusi,  pemilihan cara untuk menempatkan penjualan produk kepada pelanggan.
  8. Standar Pelanggan,  membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, memberi layanan terbaik.

Jenis-Jenis Marketing Untuk Pemula yang Paling Populer

Kita telah mengetahui bahwa marketing mempunyai banyak sekali teknik yang dapat kamu sesuaikan dengan perusahaanmu, oleh karena itu jangan sampai kamu salah dalam memilih teknik marketing yang tepat untuk bisnismu, karena bisa berdampak pada produk atau bisnismu yang tidak akan maksimal.

1. Psikologi Pemasaran

Jenis marketing yang pertama adalah psikologi  marketing, jenis pemasaran ini bisa diterapkan dalam bisnis, pemasaran ini bertujuan untuk memahami motivasi emosional target pasar dalam mempertimbangkan sebuah produk, intinya psikologi marketing adalah jenis marketing yang memanfaatkan cara berfikir konsumen sehingga mereka bisa menentukan dan memutuskan pembelian.

Dengan menerapkan psikologi marketing kamu dapat membuat pelanggan melakukan apa yang kamu  minta, seperti mengikuti flash sale dan memanfaatkan diskon besar-besaran yang sudah kamu buat. Kamu juga tidak perlu berinteraksi langsung dengan pelanggan, karena kamu bisa menggunakan media sosial, website dan marketplace.

2. Menyebarkan Viral

Jenis pemasaran yang kelima adalah viral marketing, Pemasaran ini bertujuan untuk dapat memperluas jangkauan promosi secara tepat kepada masyarakat umum. Bisa disebut marketing viral adalah sebuah cara promosi dengan memanfaatkan audiens untuk menyebarluaskan informasi produk yang kita miliki, seperti yang kita kenal dengan kata fyp.

Strategi ini cukup mampu untuk meningkatkan popularitas bisnis dalam waktu yang cepat. Kelebihan menggunakan cara ini adalah irit biaya dan bonus memperoleh jangkauan pelanggan yang luas dan dapat menjadi upaya kesadaran produk yang lebih efektif.

3. Pemasaran Digital

Yang ketiga adalah dgital marketing, tujuan dari pemasaran ini untuk memperluas jangkauan target audiens dan mendongkrak efektivitas dari pelanggan. Digital marketing merupakan upaya promosi produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet dalam proses pemasarannya. Ada beberapa platform digital atau sosmed yang cocok untuk jualan yang bisa dicoba untuk melakukan digital marketing ini, contohnya dengan menggunakan Google bisnisku yaitu sebuah layanan yang menampilkan profil bisnismu secara instan, instagram, whatsapp web, facebook, tiktok dan lain sebagainya.

4. Jenis Pemasaran Gerilya

Berikutnya adalah pemasaran gerilya, pemasaran ini pemasaran yang menggunakan unsur kejutan untuk bisa menarik perhatian para konsumen, seperti melakukan kolaborasi dengan pihak lain, bisa influencer, artis atau brand lain. 

Saat, menggunakan strategi ini kamu bisa memperoleh keuntungan, yaitu hemat anggaran. Karena pemasaran jenis ini fokus pada kreativitas atau ide dari si pembuat promosi. Pemasaran ini juga akan gampang viral sebab pelanggan akan mendapatkan banyak kesan yang berbeda dan unik dari yang lain.

5. Pemasaran Eksperimental

Pemasaran yang kelima ini adalah jenis pemasaran eksperimental, pemasaran ini bertujuan untuk mengajak pelanggan agar terlibat langsung dengan produk/layanan yang telah disediakan. Cara ini dianggap sangat efektif sebab pelanggan diajak secara langsung untuk mengetahui seperti apa kualitas produk yang ditawarkan. 

Ada lima jenis pemasaran ini yang bisa kamu lakukan, yang pertama kamu bisa membuat pameran atau show produk, menggelar event, mengadakan seminar atau bahkan berbagi pengalaman melalui virtual reality. 

Dalam beberapa strategi penerapannya, hal yang pertama kamu dapat menentukan tujuan yang jelas seperti kesadaran merek, yang kedua Anda dapat membagi yang sesuai dengan kenyataan tanpa dibuat-buat, dan yang terakhir kami dapat meminta umpan balik dari pelanggan setelah mereka menggunakan produk kita. 

6. Jenis Pemasaran Rujukan

Jenis pemasaran digital ini memiliki tujuan untuk dapat memperluas promosi secara ucapan atau kata-kata ataupun kepada orang terdekat. Rujukan pemasaran adalah salah satu cara pemasaran dengan mengajak konsumen kamu untuk mengajak atau merekomendasikan produk kepada konsumen yang lain.

Ini menjadi salah satu cara yang paling efektif karena dapat membuat produkmu terlihat lebih menjanjikan. Sebab calon konsumen sudah mengetahui lebih dulu produk kita dari pengalaman orang lain yang sudah pernah memakainya. Oleh karena itu, tidak heran jika jenis pemasaran ini dapat menghasilkan 5 kali lipat dari tingkat konveksi dan mampu menciptakan siklus promosi yang berlanjut kedepannya. 

7. Pemasaran Afiliasi

Jenis promosi yang ke tujuh adalah pemasaran afiliasi, pemasaran ini merupakan metode pemasaran digital dimana seseorang akan memperoleh komisi setelah berhasil mempromosikan produk Anda. Tujuan dari pemasaran ini adalah menjalankan promosi jangka panjang dengan menggunakan biaya yang hemat

Jika kamu mempunyai bisnis online atau produk, kamu bisa memanfaatkan pemasaran ini dengan mudah dan sangat cocok untuk bisnismu. Sistem kerja dari pemasaran ini juga sangat mudah, kamu hanya tinggal meng-klik link, banner, atau kode kupon saja.

Contoh dari program affiliate marketing ini misalnya, setiap kita mengajak seseorang untuk berlangganan atau meng-klik link yang berisi produk bisnis dari program afiliasi bahkan membelinya, kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan. 

8. Prospek Karir di Bidang Pemasaran

Karir menjadi seorang marketer menjadi salah satu pilihan karir yang cukup dibutuhkan dan sangat menjanjikan, seperti yang sudah kita ketahui diambil dari data linkedln di tahun 2022 ada lebih dari 12ribu loker sebagai marketing. Memang semua bisnis tentunya membutuhkan marketing untuk memajukan perkembangan bisnisnya. 

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara belajar marketing untuk pemula dengan berbagai jenis dan tips strateginya. Semoga bisa membantu kamu yang saat ini sedang merintis bisnis atau sedang mendalam bidang dunia marketing ini. Memang sebuah bisnis tidak akan benar-benar berhasil tanpa adanya strategi marketing.

Penutup

Demikian sudah artikel tentang cara belajar marketing untuk pemula ini saya buat. Saya sangat berterima kasih kepada kamu karena sudah membaca artikel ini. Jika kamu memiliki pertanyaan, umpan balik atau saran silahkan hubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu kamu. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah kepercayaan kami.

 

Share : 

Open chat