cara-kerja-digital-marketing

Cara Kerja Digital Marketing

Bagaimana sih Cara Kerja Digital Marketing? Nah, sebelum kita ke arah Cara Kerja Digital Marketing  kita harus tau apa itu digital marketing.

Digital Marketing itu apa sih?

Apakah kamu pernah melihat iklan saat mengunjungi website? Atau iklan di Televisi? Atau bahkan anda menerima pesan dari seles sebuah perusahaan? Nah, Itulah yang disebut sebagai digital marketing.

Jadi yang  di maksud Digital Marketing yaitu strategi pemasaran atau promosi brand produk atau suatu merek atau jasa yang di lakukan melalui media digital dan internet. Dengan adanya banyak media digital saat ini, digital marketing adalah cara pemasaran atau promosi yang efektif untuk saat ini.

Tujuan digital marketing

Beberapa tujuan digital marketing yang harus kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Engangement

Engangement Audiens bisa di ukur, untuk mengetahui apakah kegiatan promosi tersebut sudah efektif apa belum

  • Awareness

Kunci agar bisnis di kenal banyak orang yaitu awareness.

  • Branding

Branding bertujuan untuk meningkatkan nama baik  perusahaan dan review positif.

  • Penjualan

Tujuan dari digital marketing sendiri yaitu supaya meningkatkan penjualan.

  • Analisis digital

Dengan Analisis digital seseorang digital marker dapat melakukan promosi kepada konsumen seperti memberikan diskon.

Manfaat Digital Marketing

Setelah Mengetahui apa itu digital marketing, selanjutnya kita akan membahas manfaat digital marketing dan strategi digital marketing.

Berikut manfaat digital marketing:

1.Lebih menghemat biaya pemasaran atau promosi

Manfaat digital marketing yang di sukai yaitu dari segi biaya atau budget yang  lebih hemat. Karena sarana promosi menggunakan media digital  tidak perlu mencetak brosur lagi. Tidak perlu  membuat spanduk dan juga baliho yang akan di pasang sepanjang jalan  yang tentunya akan menambah biaya yang lebih banyak.

Cukup memanfaatkan  media digital yang saat ini semakin beragam untuk di jadikan sebagai media promosi atau pemasaran.Bisa seperti memanfaatkan website, Instagram, Facebook, TikTok dan yang lainnya. Proses pembuatan akun di berbagai social media sangat lebih praktis, mudah dan tidak mengeluarkan biaya.

Dalam pengelolaan anda bebas untuk mengaturnya sendiri. Namun agar lebih professional maka perlu ada pengembangan tersendiri, sehingga membutuhkan biaya tambahan.

2.Target pasar terjangkau lebih luas

Dari jangkauan pasar keuntungan digital marketing sangat bisa di rasakan. Hal ini di karenakan jangkauan pasar tidak terpengaruh oleh letak geografis. Kamu dapat melakukan promosi dari sabang sampai Merauke dengan biaya yang sama. Karena menggunakan media digital sehingga semua orang bisa mengakses informasi secara cepat dan sangat mudah.

Luasnya jangkauan pasar dapat di manfaatkan untuk menentukan customer yang ingin di bidik, jadi bukan hanya sekedar promosi secara umum saja. Kamu tetap bisa menentukan sasaran pelanggan sebagai target promosi. Dan anda harus menyajikan konten yang memberi daya tarik tersendiri .

3.Meningkatkan Penjualan

Dengan biaya yang minim dan dapat menjangkau pasar lebih luas maka dapat membuat penjualan semakin meningkat. Ini sangat jelas memberi manfaat digital marketing, sehingga harus selalu di perhatikan. Namun perlu di garis bawahi bahwa bisa merasakan manfaat langsung dari marketing secara digital tidak bisa secara instan.

Tetap di butuhkan strategi untuk memaksimalkan peluang yang ada. Banyak trik agar bisa meningkatkan penjualan. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak biaya  kamu bisa memanfaatkan informasi secara gratis

4.Dapat berkomunikasi yang baik dengan pelanggan

Berkomunikasi dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Komunikasi dengan pelanggan bertujuan supaya dapat mengetahui apa yang di butuhkan dan tanggapan terkait produk. Rivew ini bisa di jadikan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Ini merupakan keunggulan digital marketing yang paling menarik.

5.Data akan lebih cepat

Digital marketing mampu memberikan data yang di butuhkan. Dalam dunia usaha data sangat penting dan sangat di butuhkan. Dengan menerapkan pemasaran secara digital dapat membatu mendapatkan data pelanggan dengan mudah. Informasi yang di dapat sangat cepat dan tepat.

Nah, sekarang kita masuk pada bagian yang penting nih, yaitu tentang Cara Kerja Digital Marketing.

Gimana sih Cara Kerja Digital Marketing? Mari kita simak penjelasannya.

Baca Juga : Peluang Bisnis Jasa Pembuatan Website

A.Cara Kerja Digital Marketing

 

Digital Marketing adalah serangkaian  kegiatan pemasaran atau promosi menggunakan media digital atau internet. Hal ini akan terjuan ke dunia bisnis secara online,misalnya mempunyai website atau akun lainnya. Hal tersebut akan dioptimalkan menggunakan digital marketing.

Tanpa hal itu digital marketing tidak mampu mencapai tujuan pemasaran misal meningkatkan penjualan atau penggunaan jasa. Website merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis yang ingin terjun di dalam dunia digital. Karena inilah yang akan di promosikan menggunakan digital marketing.

Namun bisa saja bisnis yang tidak mempunyai website untuk memasarkan produknya,tapi itu dapat mengurangi performa pemasaran. Secara umum, digital marketing dapat bekerja secara tidak berbayar ataupun berbayar.

Berikut Cara Kerja Digital Marketing :

  1. Membangun sebuah website atau akun Marketplace untuk bisnis yang nantinya akan di operasikan

Cara Kerja Digital Marketing yang pertama adalah Seperti yang sudah di jelaskan di atas akun marketplace atau website merupakan hal yang akan di promosikan dengan digital marketing, karena keduanya tersebut akan menampilkan produk atau jasa yang sebenarnya.

  1.  Memposting di website atau akun marketplace tersebut

Postingan tersebut mempunyai URL tertentu, URL tersebut akan tertaut  pada iklan dengan menggunakan digital marketing. Salah satu konten kreaif adalah postingan pada website, postingan tersebut mempunyai nilai promosi atau pemasaran yang sangat luar biasa. Apabila kamu mengoptimalkan menggunakan organic marketing (pemasaran organic).

  1. Memilih media periklanan

Di dalam dunia digital marketing terdapat banyak media periklanan digital bermula dari social media seperti FB,  mesin pencari, dan lain lain.

  1. Melakukan analisis pasar

Bagi dunia digital marketing analisis pasar sangat penting, karena analisis pasar sangat menentukan performa iklan, juga penargetan iklan untuk audiens tepat. Ini juga dapat menghemat anggaran iklan.

  1. Membuat iklan yang menarik

Jika iklan menarik maka akan membuat audience tertarik untuk membaca atau bahkan tertarik untuk membeli produk. Semakin iklan menarik maka semakin tinggi  interaksi audience.

  1. Mempublikasi iklan

Setelah semua siap iklan baru di publikasi dengan anggaran yang sudah di tentukan. Setiap media iklan tidak sama biayanya dan performa nya juga beda beda.

Dan Cara Kerja Digital Marketing yang terakhir adalah

  1. Iklan tersebut akan menghasilkan pelanggan

Tujuan utamanya yaitu menghasilkan pelanggan. kita akan merasakan perubahannya mulai dari kunjungan website yang meningkat, bisnis mulai di kenal oleh banyak orang, hingga terjadi peningkatan penjualan.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai cara kerja di gital marketing. Apakah kamu sudah faham mengenai Cara Kerja Digital Marketing.

Konsep digital marketing

Sekarang kita masuk ke dalam konsep digital marketing.

Apasih konsepnya? mari kita simak

Konsep digital marketing adalah sebuah cara untuk mengembangkan bisnis melalui media digital atau internet. k ita dapat memanfaatkan segala media yang ada di dalam internet untuk melakukan pemasaran atau promosi secara online. Perlahan lahan kamu bisa mempelajari digital marketing,dimulai dari konsepnya.

Digital marketing mempunyai 5 konsep diantaranya:

1.Menemukan pelanggan secara online

Di zaman sekarang banyak orang yang menggunakan internet untuk berbagai kegiatan, hal ini dibuktikan yang sekarang orang lakukan yaitu online di berbagai social media. Nah dari orang orang tesebut akan berpotensi menjadi pelanggan dari bisnis kamu.

Kamu dapat menarik mereka dengan media digital seperti social media, email, website dan sejenisnya. Jika kamu sudah memutuskan untuk memperluas jangkauan bisnis secara digital, hasilnya akan sangat menarik dan berpotensi.

2.Menjual secara online

Kamu sudah mengerti sedikit tentang trend pasar saayt ini jika kamu mengikuti perkembangan teknologi.  Karena sekarang, trend jual beli online semakin terkenal dan popular. Karena hal ini orang orang bisa melakukan pembelian tanpa keluar rumah. Hal ini terbukti banyaknya marketplace atau online shop seperti Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Kamu juga bisa memanfaatkan website untuk melakukan transaksi jual beli, sehingga tujuan dari digital marketing akan terpenuhi.

3.Memahami tentang audiens

Dalam mengembangkan bisnis  kalian harus mengetahui betul kebutuhan target pasar yang sifatnya berubah ubah. pembisnis harus melakukan riset pasar yang memiliki tujuan agar bisa memahami kepuasan audiens terhadap produk. Kamu juga harus mengetahui trend yang sedang hits belakangan ini yang bertujuan agar kamu bisa menentukan arah bisnis kedepannya.

Digital marketing akan mengajak anda mengetahui apa yang di butuhkan oleh pelangganya. Karena digital marketing di lakukan untuk memahami target pasar secara keseluruhan atau detail.

4.Iklan

Iklan dapat kamu manfaatkan untuk menjangkau banyak orang sekaligus dalam waktu yang cepat atau singkat. Iklan saat ini sangat populer karena ada banyak penawaran.hal tersebut membuat kompetisi antar bisnis juga semakin meningkat sehingga pemilik iklan harus memiliki strategi membuat iklan yang baru.

Kamu harus bisa menjangkau audiens sesuai dengan target pasar yang sudah di tentukan, iklan akan tampil pada orang yang tepat sasaran saja.

5.Menganalisa pemasaran

Setelah mengetahui konsep digital marketing kamu juga harus mengetahui yang namanya Analisa karena itu sangat memengaruhi performa iklan. Ada banyak tools  yang bisa di gunakan untuk melakukan riset. Kamu akan semakin memahami pelanngan jika menggunakan tools tersebut dan bisa untuk memperkuat strategi pemasaran.

Strategi digital marketing

Sekarang kita akan membahas tenteng strategi digital marketing.

Apa sih strategi digital marketing itu?

Jadi stretegi digital marketing adalah serangkaian rencana untuk membangun sebuah bisnis di dalam dunia digital maupun internet. Di dalam dunia digital marketing ada beberapa strategi di antaranya yaitu:

Strategi digital marketing:

1.Search Engine Optimization ( SEO)

SEO adalah optimasi mesin pencari agar mempermudahkan mesin pencari pada sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari pencarian. Kamu harus mengetahui bagaimana system pencari untuk mendapatkan peringkat teratas. Media yang di gunakan adalah website, indografis dan blogs.

2.Konten Marketing

Konten berguna untuk menarik pembaca agar membeli produk yang telah di tawarkan perusahaan. Konten ini bisa berupa unggahan blog, artikel, e-book media social dan masih banyak lagi.

3.Website

Website merupakan hal penting mengenai sebuah bisnis secara online, website juga menjadi tanda suksesnya suatu bisnis. Kamu bisa menggunakan Content Management System jika kamu tidak ingin membangun website dari 0.

4.Sosial media marketing

Menarik calon konsumen melalui media social merupakan cara terbaik dalam strategi pemasaran atau promosi. Namun di dunia social media itu tidak segampang apa yang kamu bayangkan kamu harsus membuat konten yang menarik, melakukan riset audiens dan melakukan evaluasi.

Tips menyusun strategi digital marketing yang baik

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah strategi digital marketing yang baik.

  • Mendefinisikan tujuan bisnis

Langkah pertama kamu harus menhetahui  dan memahami tujuan bisnis kamu. Tujuan tersebut harus terukur,spesifik,dan dapat di capai.

  • Mengenal Target Audiens
  • Memilh platfrom digital yang tepat
  • Membuat konten yang berkualitas

 

Kelebihan atau Keunggulan Digital Marketing

Berbicara  tentang kelebihan, tentu saja digital marketing memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan  di banding dengan strategi pemasaran konversional.

Ini adalah beberapa keunggulan dari digital marketing:

1.Dapat menjangkau target pasar lebih luas

Mungkin media konversional seperti koran, brosur, banner memang efektif untuk menjangkau sejumlah target pasar. Tetapi Media digital bisa menjadi salah satu cara terkini untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih efektif. Hal ini terbukti bahwa seiring dengan perkembangan zaman hamper semua orang menggunakan internet dan media social.

Hal ini bisa membuat produk dikenal banyak orang dari dalam negeri maupun luar negeri. Jadi ini bisa menjadi peluang yang besar untuk menggunakan strategi digital marketing.

2.Menambah angka penjualan

Luasnya jangkauan pasar dapat memberikan dampak yang sangat besar pada peningkatan angka penjualan. Hal ini di pengaruhi oleh mudahnya informasi yang di dapat mengenai suatu produk. Itu akan membuat mereka semakin yakin bahwa produk atau jasa tersebut  berkualitas.

Nah itulah yang membuat angka pemasaran semakin tinggi dan meninggkat, kesempatan mendapatkan pelanggan yang baru pun juga akan semakin besar.

3.Lebih hemat biaya

Jika kamu memiliki keterbatasan  dana maka pemasaran menggunakan digital merupakan solusi yang tepat. Karena dengan menggunakan media digital kamu akan menghemat biaya dan tidak perlu membuat spanduk, brosur, baliho dan lainnya untuk mempromosikannya. Kamu dapat memanfaat  Instagram, facebook, website dan lainnya untuk mempromosikan itu.

4.Mudah dan juga fleksibel

Strategi pemasaran dulu dan sekarang mungkin berbeda, pemasaran dulu banyak menggunakan media konversional yaitu spanduk, brosur, baliho, koran dan lain sebagainya. Seiring perkembangan teknologi, strategi pemasaran sekarang menjadi relatif mudah. Dengan digital marketing semua aktifitas  pemasaran menjadi fleksibel dan lebih mudah.

 

Kekurangan digital marketing

Tentu saja digital markeing juga meemiliki beberapa kekurangan.  Adapun kekurangan digital marketing diantaranya sebagai berikut:

1.Tingkat persaingan yang tinggi

Kekurangan menggunakan digital marketing adalah banyaknya persaingan dimana – mana. Persaingan tidak hanya di dalam bentuk produk, tetapi persaingan dalam hal krativitas juga. Yang memiliki inovasi dan kreativitas yan tinggi itulah yang akan memenangkan persaingan dalam pasar.

Jadi kita perlu menyiapkan produk kita dengan sebaik mungkin supaya lebih terlihat unggul di banding dengan lainnya.

2.Ketergantungan pada teknologi

Kekurangan selanjutnya adalah ketergantungan pada teknologi. Internet dan teknologi sangat di andalkan dalam digital marketing. Kita membutuhkan pengetahuan yang luas untuk memaksimalkan digital marketing.

3.Keamanan dan Privasi

Dalam pemasaran secara digital akan ada kemungkinan terkena virus. Selain itu kamu juga harus mesatikan data data konsumen tersimpan dengan baik dan aman supaya tidak bocor.

4.Menggunakan banyak aplikasi tambahan

Untuk bisa menghasilkan iklan kamu perlu memerlukan banyak aplikasi tambahan. Kamu perlu beradaptasi dengan aplikasi aplikasi yang baru yang berkembang dengan cepat. Kamu juga harus menjaga ekspektas.

Terkadang apa yang ada di layar belum berarti sama dengan aslinya. Contoh warna baju yang berbeda dengan iklan yang di akibatkan oleh factor pencahayaan dan editing. Maka kamu harus bisa menjaga ekspektasi agar tidak menimbulkan pengalaman yang kurang menyenangkan.

 

 

Informasi diatas adalah penjelasan lengkap tentang pengertian digital marketing, manfaat, cara kerja digital marketing, konsep, strategi, tips menyusun strategi ,kelebihan dan kekurangan Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Terimakasih.

 

Share : 

Open chat