strategi-digital-marketing

Strategi marketing digital adalah  sebuah proses mempromosikan suatu bisnis Anda secara online. Ada banyak strategi berbeda yang dapat menjadi bagian dalam proses ini. Seluruh strategi ini dibangun untuk menambah kesadaran brand dan secara konsisten mengembangkan bisnis Anda seiring berjalanya waktu.

Digital marketing mencakup seluruh upaya pemasaran yang menggunakan perangkat media elektronik atau internet. Bisnis modern memanfaatkan saluran digital seperti search engine,  media sosial, email dan situs web lainnya untuk terhubung dengan para pelanggan  dan calon calon pelanggan.

Pemasaran digital atau Digital marketing merupakan istilah yang sangat digunakan untuk  berbagai taktik yang pastinya dapat Anda gunakan untuk menarik para  pelanggan Anda dan membuat mereka membeli produk produk atau layanan Anda. Anda juga dapat memasarkan ke pelanggan secara digital melalui web Anda, sosial media ,iklan atau bahkan dari kombinasi diantara ketiganya. Tetapi Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri.

Selain itu anda juga dapat menyewa perusahaan pemasaran digital yang menawarkan layanan jasa pemasaran digital. seperti SEO, manajemen media sosial, dan desain web. Seperti keumuman hal di dunia bisnis, jika Anda tidak memiliki skill di strategi marketing digital. Mungkin agak sulit untuk menentukan apakah Anda menghabiskan waktu (dan uang) untuk jenis kegiatan pemasaran yang tepat sasaran.

Meninjau berbagai contoh strategi dan taktik marketing juga dapat membantu Anda menentukan dengan lebih baik jenis marketing apa yang cocok untuk bisnis Anda.

Ketika Anda sudah tahu jenis pemasaran mana yang paling menjanjikan. maka Anda dapat bekerja untuk menghabiskan waktu dan sumber daya pada kegiatan yang akan memberikan mengembalikan investasi terbaik untuk  bisnis. hal yang utama, Anda harus tahu apa strategi  digital marketing dan apa yang berkembang menjadi strategi yang terbaik agar bisnis anda semakin berkembang.

 

Contoh Strategi Marketing Digital

Berikut ada beberapa contoh strategi digital marketing yang biasa digunakan para pebisnis yang bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan usaha anda:

1. Blogging

Apa Itu Blogging?

Blogging sendiri adalah aktivitas menulis dan mengelola sesuatu blog dengan memanfaatkan suatu tool digital yang ada didalam internet. agar seorang blogger dapat menulis, membagikan, serta menautkan sebuah konten dengan mudah.

dalam sejarahnya aktivitas blogging dimulai sekitar pada awal tahun 2000an di mana sejumlah blog berbau muatan konten politik bermunculan. selang berapa waktu setelahnya muncul blog bertema how-to dan tutorial. Blog sedikit berbeda dari kegiatan jurnalis. Bahkan sesuatu yang membedakan kedua aktivitas tersebut semakin jelas belakangan belakangan ini.

Sejak kemunculannya blogging hingga saat ini, blogging sudah sangatlah populer. Hanya saja, yang menjadi pertanyaannya mengapa blogging bisa seterkenal saat  ini? Awalnya blogging merupakan platform yang umum untuk berita dan informasi.

Sama seperti koran yang muncul sebelum kemunculan blog, meskipun tingkat kenyamanan yang ditawarkan berbeda. blogging berkembang pesat secara komparatif. pembaruan informasi yang dilakukan secara terus menerus.blogger juga bisa mengikuti blog yang sesuai dengan minat dan hobinya menjadi dua dari sekian banyak alasan yang melakukan blogging.

begitupun adanya blog memudahkan para pembaca dalam mengikutisebuah informasi, daripada harus membolak-balikkan kertas koran. bangkitnya kembali sebuah blog memberi suatuu  kesempatan bagi orang-orang yang ingin menciptakan sesuatu yang baru. Bisa dianggap blog seperti sebuah buku diari yang Anda pamerkan ke teman-teman anda.

Blogging sendiri Salah satu contoh strategi pemasaran digital terbaik yang sudah  bekerja untuk hampir seluruh bisnis. Dalam sebuah blogging melibatkan suatu  penulisan dan penerbitan konten online pada topik topik yang relevan dengan bisnis Anda. Blogging akan sangat  membantu bisnis anda  menghasilkan lebih banyak keuntungan.

 

2. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi marketing digital terbaik untuk semua segi bisnis. Banyaknya konsumen menggunakan saluran media sosial setiap harinya untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia ini, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis Anda tidaklah eksis di media sosial, Anda tentu akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial.

Agar akun bisnis Anda semakin menjadi optimal, Anda juga dapat menggunakan tools pengelola sosial media yang saat ini sudah menjamur. Misalnya, seperti Hootsuite untuk mengatur jadwal konten harian, hingga aplikasi Instasize yang sangat sangat bermanfaat untuk mengedit sebuah konten agar lebih astetik ketika tampil di Instagram.

Jenis jejaring media sosial sangatlah banyak seperti facebook,instagram,whatsapp,twitter,dll.

3. Email Marketing

Email marketing adalah cara yang efektif untuk menjangkau para pelanggan Anda di mana pun mereka berada. saat ini  sebagian besar konsumen  memiliki alamat email sendiri , tetapi banyak juga yang benar-benar menikmati mendengar dari bisnis melalui konten email. Tapi jangan terlalu terjebak dalam perangkap membeli hanya untuk menumbuhkan daftar email Anda.

Ya, sepertinya itu terdengar jalan pintas yang baik dalam mengumpulkan sebuah arahan tetapi jarang dan hampir tidak berhasil. besar kemungkinan   orang-orang ini tidak akan peduli membuka pesan email yang Anda kirim karena mereka tidak mendaftar untuk itu.

Dan yang lebih buruknya lagi, Anda bisa berada dalam masalah besar jika orang-orang di daftar email yang Anda beli tinggal dibenua Eropa karena Anda telah melanggar hukum Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).

Jadi, begitu Anda sudah  memiliki daftar kontak email dan Anda mendapat izin untuk menghubungi mereka, Anda huga dapat mengirimkan berbagai jenis konten yang berbeda dari penawaran promosi sampai buletin informatif..

Salah satu cara  mudah dan efektif untuk mengirimkan email marketing yakni dengan memanfaatkan layanan aplikasi MailToGo. Layanan teranyar dari Qwords.com ini akan membantu Anda mendistribusikan beragam promo penawaran produk, promosi produk, hingga pengiriman newsletter hanya dalam sekali klik.

4. Pay-Per-Click Ads

Pay-Per-Click(PPC), atau sering juga disebut Cost-Per-Click (CPC), adalah model suatu iklan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs web. Pengiklan harus membayar kepada layanan penerbit iklan (biasanya search engine, pemilik situs web, atau platform media sosial) ketika iklan tersebut di-klik oleh pelanggan.dengan kata lain, PPC adalahsebuah  cara untuk membeli trafficke websiteAnda.

Jenis-Jenis PPC yang Sering Dijumpai

  • Search Advertising: Ini adalah suatu jenis PPC yang sangat terkenal.  iklan jenis ini biasanya akan muncul di mesin pencarian Search Engine Result Page(SERP) seperti di Google atau Bing. Iklan jenis ini ditandai dengan logo “Ad” kecil, dan  biasanya ditampilkan di bagian paling atas SERP.
  • Social Advertising: Mungkin hampir sama seperti search advertising,hanya saja iklan ini biasa ditampilkan di platform media sosial. Kita Sebagai pengiklan, Anda hanya akan membayar jikalau iklan tersebut di-klik oleh custemer.
  • Remarketing: Ini adalah sebuah jenis iklan yang ditampilkan hanya kepada mereka yang sebelumnya pernah mengunjungi website Anda. Strategi yang satu ini dianggap cukup efisien karena menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan website Anda.
  • Display Advertising:  memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di seluruh website yang bekerjasama dengan pihak Google. Anda juga dapat mengatur siapa yang dapat melihat iklan yang anada buat. Dengan begitu, iklan Anda akan lebih relevan dan tepat sasaran pastinya.
  • Google Shopping: Jenis iklan yang satu ini memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar produk beserta harga produknya. dan akan langsung mengarahkan pembeli tersebut ke website ecommerce. Cara ini juga memungkinkan terjadinya konversi semakin besar, karena konsumen telah melihat foto, nama, dan juga harga produk yang dijual.

 

7 Strategi Digital Marketing Terbaik

Mau usaha skala kecil atau bahkan skala besar, strategi harus dimiliki ketika wacana promosi menjadi salah satu projek penting perusahaan. Bila hal itu berkaitan dengan digital marketing, maka strategi inilah yang Anda butuhkan:

1. Blogging dengan Menonjolkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah istilah  populer yang berhubungan dengan peringkat web di mesin pencarian (search engine). Google sebagai search engine yang paling terkemuka dan terpopuler di dunia mampu menampilkan sangat banyak informasi cukup dengan mengetikkan kata kunci (keyword).

Sebagai salah satu pengguna aktiv Google, kita tentunya pasti ingin nama situs web kita yang muncul paling awal bahkan paling pertama ketika searching.

karena sebab itu, kita memerlukan penerapan teknik SEO yang tepat untuk menjadi situs yang unggul. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan mempelajari cara kerja SEO, termasuk istilah penting yang berhubungan dengannya.

  • Backlink: sebuah Link yang ada diwebsite orang lain dan menuju website kita.
  • Black Hat SEO: Bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peringkat akan tetapi  teknik yang satu  ini telah dilarang.
  • PageRank: sebuah algoritma pertama yang kini telah digantikan dengan berbagai algoritma terbaru dibuat khusus oleh Google.
  • Outbond Link: Link yang akan membawa kita memasuki halaman situs berbeda milik orang lain.
  • White Hat SEO: Teknik SEO yang teknik yang diizinkan oleh Google dan mesin pencari lainnya.

2. Video Marketing Via YouTube

YouTube masih cukuplah menjanjikan sebagai media komunikasi dan media promosi visual dengan skala internasional yang sangat luas. Di YouTube, Anda dapat mengupload video promosi menarik dengan ciri khas karakter anda sendiri. Konten-konten yang diupload di YouTube harus memiliki keunikan tersendiri yang mampu menarik keinginan pengguna lainnya untuk melihat video yang telah anda upload.

Semakin banyaknya jumlah subscriber atau viewers yang anda miliki maka akan semakin populer akun YouTube Anda, yang nantinya akan berdampak positif terhadap penjualan. Mungkin sekilas terdengar mudah dan samgat menyenangkan, tapi dalam praktiknya strategi digital marketing ini cukup sulit dilaksanakan, apalagi bila anda tidak ada pengalaman menghasilkan video video yang bagus.

Teknik skill editing video dan pengaturan pengambilan gambar harus dilakukan dengan sangat baik, sehingga seseorang yg melihatnya akan terasa nyaman. hingga dapat menangkap informasi yang coba Anda sampaikan di dalamnya. Sebelum memulai video marketing, alangkah baiknya pelajari lebih dahulu caranya hingga benar-benar faham dan mahir.

3. Setrategi Newsletter Marketing

Apabila jumlah pengunjung di situs Anda dikiranya sudah cukup banyak bahkan ada pula yang  memberikan komentar komentar positif. Mulailah untuk menambahkan navigasi newsletter di dalamnya. Tidak adasalahnya untuk menggunakan fitur

Newsletter marketing ialah fitur modern yang memudahkan seseorang memperoleh pembaruan terbaru dari sebuah situs web. Cara mengaktifkan newsletter pun amat sangat mudah, pemngguna hanya perlu memasukkan alamat email yang masih aktif lalu klik subscribe.

Ketika alamat email sudah terhubung dengan suatu web, maka update informasi terbaru akan dikirim secara otomatis ke alamat email. Strategi yang satu ini akan menjadi cara promosi yang ampuh untuk jangka panjang tanpa perlu banyak aksi. Hal yang perlu Anda lakukan cukup update konten baru nan menarik secara teratur dan berkala.

4. Social Media Marketing

Jika anda memiliki akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan social media lainnya? jika kalian punya , maka sangatlah cocok untuk memanfaatkannya sebagai pemasaran produk lewat digital marketing. Anda juga dapat melakukan promosi dan mengupload produk baru di social media sehingga konsumen bisa mengetahuinya dengan lebih cepat.

Selain efektif, Anda bahkan tidak perlu membayar sama sekali alaias gratis. Cukup usahakan supaya jumlah follower atau pertemanan Anda di social media terus bertambah  sehingga makin banyak orang yang mengenal brand dan produk Anda.

Jika anda mempunyai modal, Anda dapat  memilih untuk menggunakan fasilitas iklan yang ditawarkan oleh social media tersebut seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

5. Bergabung Bersama Forum dan Komunitas

Yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis salah satunya adalah komunikasi yang mumpuni. Untuk menghandle konsumen dan klien sangatlah sulit jika tidak mempunyai meahlian komunikasi tersebut. Begitu pula bila Anda mempunyai rencana memasuki Facebook Pages, Kaskus maupun forum dan komunitas populer lainnya. Pastikan tidak melakukan hal hal ini setelah Anda gabung komunitas maupun di  forum:

  • Jangan Melakukan Spam Promosi

Ada begitu banyak forum diskusi yang bisa kita cari di Kaskus dan tidaklah semuanya membahas tentang pemsaran produk dan penjualan . Beberapa forum bahkan membahas seputar gaya hidup, pekerjaan, pengalaman pribadi dan hal  lainnya.

Jadilah anda anggota komunitas  yang bermartabat dengan selalu  menghargai dan menghormati seluruh anggota yang bergabung di forum. Jangan sembarangan mempromosikan produk Anda di forum pendidikan maupun kesehatan apalagi jika produk tersebut tidak ada kaitannya sama sekali  dengan dua forum itu.

  • Jangan Menyebarkan Link  Mentah

Ketika kita sudah menemukan forum diskusi yang tepat, usahakan untuk membuat orang lain merasa impresif dengan link yang Anda bagi. Jangan sekali kali menyebarkan link mentah yang isi konten di dalamnya masih memiliki banyak kekurangan bahkan tidak masuk standar SEO sama sekali.

Sebarkan link yang memiliki poin-poin penting sehingga orang merasa tidak menyesal telah membuka link yang anda bagikan.

6. Podcasting

Secara sekilas podcast hampir mirip dengan saluran radio  karena didalamnya menampilkan banyaknya stasiun stasiun radio yang dikenal sebagai podcasting. Perbedaannya hanya terletak pada hasil suara yang dihasilkan. Podcast biasanya merupakan hasil suara rekaman sedangkan radio dipublikasikan secara langsung dan biasanya dalam podcast jarang ada iklan .

Meskipun belum begitu umum di Indonesia, diluar negri digital marketing melalui podcast sudah sangat populer. mengingat industry radio internasional telah mengalami penurunan minat pendengarnya. saat ini sudah banyak pihak yang mulai yakin jika podcast akan sangat populer di masa mendatang. mengingat tema yang ditawarkan sangatlah beragam.

Kita tidak hanya disuguhkan siaran musik saja, melainkan bisa mendengarkan rekaman suara tentang bisnis,ekonomi, hobi politik  kesehatan dan masih banyak lagi. Anda yang mungkin tertarik, bisa mulai belajar membuat podcast sendiri bahkan melakukan kombinasi dan interview dengan pengguna podcast lainnya.

7. Pasang Iklan Berbayar

Membuat iklan di sebuah situs membutuhkan banyak modal . Tapi ingatlah, tidak ada hal yang berjalan cepat tanpa adanya uang. Bagaimanapun juga waktu adalah uang, dan uang butuh waktu.

Anda mungkin  mulai memikirkan untuk membuat dan memasang iklan secara berbayar. Sebelum memasang iklan ada 3 aspek yang harus diperhatikan  yakni pengunjung, budget dan commerciality.Ketika ketiganya sudah  sukses maka modal yang Anda keluarkan untuk pasang iklan akan kembali dengan cepat dan mudah melalui pendapatan yang melimpah.

nah Itulah ketujuh strategi digital marketing yang wajib diimplementasikan oleh pelaku bisnis online jika berharap produk maupun brandingnya sukses di pasaran. Karena tidak akan ada hasil bila tidak ada usaha dan keringat.

Anda tidak perlu khawatir punca.id siap membantu memasarkan produk produk anda

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *