apa itu program afiliasi

Apa Itu Program Afiliasi?Dan Apa Keuntungannya,Menarik!

Hai semuanya apa kabar ? Terima Kasih telah mengklik artikel ini,di artikel ini kita akan membahas tentang Apa Itu Program Afiliasi.

Sebelumnya apakah disini ada yang sudah tau dengan yang disebut sebagai Program Afiliasi  ? Baik disini saya akan membahas Apa Itu Program Afiliasi….

Pengertian Apa Itu Program Afiliasi

Program Afiliasi adalah suatu program untuk kita memperoleh penghasilan dengan menawarkan diri untuk mempromosikan atau menjualkan barang dari suatu perusahaan ke konsumen untuk mendapatkan keuntungan dengan kesepakatan bersama. Dalam program ini seorang yang mengikuti program atau yang akan mempromosikan produk kita ini disebut sebagai afiliator .

Nanti nya dalam program ini afiliator akan mempromosikan atau menyebarkan link produk dari perusahaan tersebut,biasanya sebagai imbalan nya nanti seorang afiliator ini akan mendapatkan keuntungan atau komisi dari perusahaan nya.

Dalam Program Ini Kita melibatkan 3 Pihak Yaitu

1.Pemilik Dari Produk (Perusahaan)

2.Afiliator

3.Konsumen

Strategi Apa Itu Program Afiliasi

apa itu program afiliasi

Strategi dalam bisnis ini adalah strategi dalam mempromosikan produk,nah dalam mempromosikan sebuah produk ini kita menggunakan seorang afiliator,seorang afiliator ini bertugas untuk memasarkan produk tersebut di online .

Dalam mempromosikan suatu produk tersebut,seorang afiliator akan mendapatkan komisi atau uang dari perusahaan yang dipromosikan produknya.

Dalam mempromosikan produk kita harus memilih perusahaan yang tepat,memilih media promosi yang tepat dan menawarkan diskon atau kupon dll,agar lebih menarik…

Perbedaan Afiliator dan Resseler

Sebetulnya Afiliator dan Resseler terlihat seperti mirip namun aslinya berbeda ya readers…

Perbedaannya adalah jika Afiliator kita tidak perlu modal untuk membeli produk tersebut dalam mempromosikannya.

Sedangkan Resseler kita harus mengeluarkan modal tersebut,untuk mempromosikannya kita perlu membeli stok terlebih dahulu.

Tujuan dari Apa Itu Program Afiliasi

Tujuan dari program ini  adalah untuk menjangkau konsumen dan audiens yang lebih luas lagi,dengan tujuan dari program afiliasi ini kita bisa mendapatkan jangkauan yang konsumen yang lebih luas lagi .

Manfaat Program Afiliasi Bagi Perusahaan :

1. Jangkauan Promosi Produk Lebih Luas

Manfaat dari adanya program afiliasi ini adalah jangkauan produk untuk dipasarkan lebih luas lagi.

Dengan adanya jangkauan produk yang lebih luas lagi ini adalah kita bisa mendapatkan pembeli konsumen yang lebih luas lagi .

2.Memperbesar Target Pasar

Jika kita menggunakan program ini kita dapat membangun target pasar yang lebih luas lagi.

Karena dengan  adanya program  ini kita dapat menjangkau target pasar yang lebih luas lagi,dan jangkauan dari target promosi dapat lebih luas lagi.

Keuntungan Apa Itu Program Afiliasi Bagi Afiliator :

1.Modal Kecil

Dalam program ini seorang afiliator hanya membutuhkan modal yang kecil atau sedikit dan bahkan tidak perlu menggunakan modal atau tidak usah mengeluarkan uang sama sekali.

Karena kita dapat menjualkan produk tanpa perlu kita membeli produk dari perusahaan tersebut,kita hanya perlu mempromosikan produk dari perusahaan tersebut saja.

2.Mudah Mendapatkan Penghasilan

Keuntungan dengan adanya kita menjadi seorang afiliator adalah kita dapat dengan mudah mendapatkan penghasilan.

Karena kita disini walaupun kita tidak secara langsung dikantor bekerjanya tetapi kita bisa mendapatkan penghasilan.

Kita cukup mempromosikanya saja lewat media sosial atau website kita,kita disini cukup bersantai dan melakukan promosi saja kita bisa mendapatkan uang.

3.Jam Kerja Dapat Kita Sesuaikan Sendiri

Dalam kita bekerja sebagai afiliator kita dapat mengatur waktu kita sendiri dalam kita berpromosi,kita dapat mengatur waktu promosi kita sendiri .

Karena kita disini tidak terikat dalam perjanjian kontak untuk jam promosi .

4.Kita Dapat Daftar Berbagai Program Afiliasi

Dalam menjadi afiliator ini kita dapat daftar berbagai macam program afiliasi dari berbagai perusahaan.

Dalam kita mendaftar dari berbagai macam program afiliasi dari berbagai perusahaan kita dapat mendapatkan komisi yang lebih banyak lagi .

5.Reward Mendapatkan Produk Gratis

Dengan kita menjadi seorang afiliator kita tentu akan mendapatkan produk gratis untuk dicoba.

Jika kita menjadi seorang afiliator yang bekerja untuk memasarkan suatu produk, tentu nya pasti kita akan mencoba produk tersebut sebelum kita promosikan dan produk tersebut biasanya kita dapatkan gratis .

6.Tidak Perlu Memproses Orderan

Dalam mengikuti Program ini kita tidak perlu memproses orderan.

Karena yang memproses orderan tersebut adalah tanggung jawab perusahaan karena disini tugas kita hanya mempromosikan produk nya saja.

7.Tidak Perlu Memproses Pengiriman

Di dalam program ini juga kita tidak perlu memproses pengiriman,karena dalam program ini kita hanya ditugaskan untuk melakukan promosi saja.

Yang bertugas memproses pengiriman barang atau produk hanya dari kantor nya saja tanggung jawab perusahaan yaitu menggunakan jasa pengiriman.

8.Tidak Membutuhkan Pengalaman Sebagai Sales

Dalam menjadi seorang afiliator ini biasanya kita tidak membutuhkan pengalaman menjadi sales terlebih dahulu.

Kekurangan Apa Itu Program Afiliasi Bagi Afiliator :

apa itu program afiliasi

1.Komisi Yang Tidak Menentu

Kekurangan dari program ini  bagi afiliator adalah terkadang mendapatkan komisi yang tidak menentu,berubah-ubah dan tidak tetap.

2.Memiliki Banyak Pesaing

Dalam program ini kita memiliki banyak sekali pesaing,jika kita tidak pandai-pandai dalam kreatif untuk mempromosikan kita dapat kalah saing.

Jika kita tidak ingin kalah saing maka dari itu kita harus mempromosikan nya dengan sekreatif mungkin.

3.Bersaing Dengan Afiliator Yang Lainnya

Dalam program ini juga kita perlu bersaing dengan para afiliator lainnya,kenapa kita perlu bersaing dengan para afiliator lainnya? karena mereka juga pun banyak yang menjual produk yang sama seperti kita.

Cara Kerja Apa Itu Program Afiliasi :

Pertama-tama perusahaan membuka lowongan sebagai jasa afiliator jika kita sudah mendaftar program tersebut kita akan disuruh mempromosikan barang dari perusahaan tersebut , komisi yang kita dapatkan pun beragam tergantung dari produk yang kita dijual.

Cara mempromosikan barang tersebut kita bisa mempromosikannya di mereview produk tersebut di sosial media dan kita dapat mencantumkan link dari produk yang kita review.

Cara Menjadi Seorang Afiliator

1.Memilih Perusahaan

Langkah pertama menjadi seorang afiliator adalah kita perlu memilih perusahaan terlebih dahulu untuk yang nantinya produk nya kita akan promosikan,dalam memilih produk kita harus melihat jangkauan terlebih dahulu sekarang sedang trend dan populer ini apa dan tentu produk yang sedang terlaris dan banyak dicari itu apa

2.Mempelajari Produk

Jika kita sudah  mendaftar sebagai seorang afiliator dan diterima, langkah selanjutnya kita perlu mempelajari produk tersebut yang akan kita promosikan.

Jangan sampai kita ingin mempromosikan produk tersebut namun kita tidak tahu apa itu produk tersebut,jadi kita harus mempelajarinya terlebih dahulu apa produk tersebut.

3.Kenali Target

Nah dalam menjadi seorang afiliator kita memerlukan mengenali target pasar konsumen kita.

Kita sangat perlu mengenali target konsumen kita sedang membutuhkan apa,agar saat kita promosi produk yang kita promosikan revlan dengan yang konsumen butuhkan dan kita akan mendapatkan keuntungan dari disitu

4.Mempromosikan Produk

Setelah kita mengenali target kita dapat memulai mempromosikan produk-produk kita,kita dalam promosi tersebut harus konsisten,sabar dan tentunya amanah dalam menjalankan tugas promosi kita .

5.Mendapatkan Komisi

Setelah kita mereview atau mempromosikan produk kita selanjutnya akan mendapatkan uang komisi dari perusahaan

Tips Menjadi Afiliator Yang Sukses

1.Mereview Produk Yang Bagus dan Menarik

Jika Kita dapat mereview produk kita dengan cara yang bagus dan menarik, audiens atau konsumen pun pasti akan tergoda untuk membeli produk afiliasi kita.

Jika kita berhasil membuat audiens atau konsumen tertarik membeli produk yang kita promosikan tentu kita akan mendapatkan komisi yang banyak lagi jika pembeli nya banyak yang membeli.

2.Memilih Target Tempat Dimana Kita Akan Berpromosi

Jika kita ingin mempromosikan suatu barang kita harus bisa memilih dimana kita akan mempromosikan barang tersebut dengan jangkauan yang nantinya akan banyak pembelinya.

Contohnya kita dapat berpromosi di media sosial yang kita punya seperti Instagram,Twiter,Tiktok,Youtube dan sosial media lainnya,dan kita juga bisa membuat promosi di  website.biasanya jika kita berpromosi di platfrom media sosial asalkan kita promosinya bagus dan menarik, yang membeli produk yang kita promosikan pasti sangat banyak .

3.Menggunakan Teknik SEO

Jika kita melakukan promosi di website kita bisa menggunakan teknik seo dalam mempromosikanya.

Kita dapat mengoptimalkan website kita menggunaakan teknik seo,jika kita menulis atau mereview produk promosi kita dalam menggunakan teknik seo maka kemungkinan blog yang kita buat bisa saja ada di pencarian paling atas dan tentunya itu dapat menguntungkan kita jika blog yang kita buat banyak yang mengunjungi dan terdapat di pencarian nomor satu google.

4.Menyebarkan Link Produk Kita di Sosial Media

Dalam tips ini kita dapat menyebarkan link produk yang kita promosikan di sosial media.

Kita dapat menyebarkan link tersebut di WhatsApp,Facebook,Instagram,Twiter,Tiktok,Youtube dan sosial media lainnya

Kesimpulan Artikel Diatas, Apa Itu Program Afiliasi

Dari artikel diatas yang kita baca adalah bahwa apa itu program afiliasi adalah suatu program untuk kita memperoleh penghasilan dengan menawarkan diri untuk mempromosikan atau menjualkan barang dari suatu perusahaan ke konsumen untuk mendapatkan keuntungan dengan kesepakatan bersama,dan nanti nya dalam program ini afiliator akan mempromosikan atau menyebarkan link produk dari perusahaan tersebut,biasanya sebagai imbalan nya nanti seorang afiliator ini akan mendapatkan keuntungan atau komisi dari perusahaan nya.

Nah dalam suatu program ini terdapat banyak sekali manfaat dan keuntungan,strategi dan banyak lagi…,entah manfaat dan keuntungan untuk perusahaan dan entah untuk kita sebagai afiliator juga banyak sekali keuntungannya dan juga diatas terdapat cara kerja afiliator seperti apa dan juga terdapat tips menjadi seorang afiliator yang sukses,namun dalam sisi manfaat dan keuntungan apa saja tersebut tentu saja ada kekurangan-kekurangan nya,namun dalam kekurangan-kekurangan nya ini kita perlu pandai-pandai sendiri dalam menyikapinya ya readers ….

Penutup

Baiklah readers terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel dari kami semoga readers yang membaca artikel ini terbantu dan jadi mengetahui apa yang dimaksud dengan Apa Itu Program Afiliasi dan juga semoga readers yang membaca artikel ini sehat selalu dan selalu dalam lindungan-nya yang maha kuasa Aamiin YRA ……

Kurang lebih nya jika ada salah kata dan ketik dalam pengertian artikel di atas mohon dimaklumi dan mohon maaf…..

Terima Kasih Readers Sampai Jumpa Diartikel Selanjutnya dan Semoga Harimu Menyenangkan Selalu Hehehe  …..

Share : 

Open chat