strategi-pemasaran-onlineStrategi Pemasaran Online Untuk anda para pemilik bisnis pastinya Anda ingin produk yang Anda jual menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas lagi , pastinya akan berdampak positif terhadap minat konsumen dan pada akhirnya akan berpotensi meningkatkan penjualan.

Ada berbagai  cara yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk yang Anda jual. Berbagai media pun dapat Anda manfaatkan untuk memprosikan produk Anda kepada tanagan konsumen.

Dengan Seiring berjalanya waktu dan perkembangan teknologi hadir gaya pemasaran baru secara digital melalui media online. Di era yang serba  Digital ini pemasaran lewat media online sangatlah penting karena makin banyaknya konsumen memadati kanal-kanal digital. Pemasaran online salah satu cara yang paling relevan untuk menjangkau pasar dibandingkan pemasaran offline dengan cara-cara tradisional.

Alasan Mengapa Pemasaran Online Lebih Efektif dibandingkan Offline

Disini kami memberikan ulasan  mengapa pemasaran online dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran offline:

1. Memberikan Ruang Bagi Bisnis Kecil untuk Berkembang

Dengan pemasaran online produk-produk baru memiliki ruang untuk bersaing dengan produk-produk yang dihasilkan bisnis skala besar yang telah hadir terlebih dahulu  Akan sangat sulit tentunya menembus market yang sudah dijajah oleh produk yang telah terkenal sebelumnya dengan cara pemasaran offline.Dengan banyaknya kanal digital yang tersedia,

pemasaran berbasis online dapat memberikan ruang bagi produk rintisan untuk mempromosikan produk ke target pasar dan menanamkannya ke dalam benak para konsumen.

2. Biaya Lebih Rendah

Dalam segi biaya pemasaran online lebih murah dibandingkan pemasaran secara langsung.Bayangkan saja  berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasarkan produk anda secara konvesional.

misalkan langsung terjun kepasar atau  beriklan di baliho, TV atau surat kabar?  coba sja  anda  bandingkan saat ini dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat sebuah akun media sosial untuk mengenalkan produk yang Anda jual. Biaya sedikit lebih terjangkau dengan pasar yang lebih luas.Bahkan bisa saja dengan cara yang gratis.

3. Efisien Waktu

Keefesianya waktu juga kelebihan dalam pemasaran online.Dibandingkan dengan  beriklan di surat kabar dan menunggu waktu terbitnya, didalam pemasaran online Anda juga dapat membuat promosi online untuk mempromosikan produk Anda dengan lebih cepat Dalam hitungan jam bahkan menit pun bisa tergantung seberapa rumit materi yang Anda siapkan.

4. Menjangkau Pasar yang Luas

Dengan cara tradisional Anda mungkin hanya akan dapat menjangkau pasar dalam jangkauan lokal dimana media tersebut berada. Berbeda, dengan strategi pemasaran online jangkauan akan lebih sangat luas lagi, tidak hanya lokal bahkan internasional. Pembeli produk Anda bisa berasal dari mana saja bahkan dari manca negara karna sejatinya media online mencakup seluruh dunia.

5. Memudahkan Pengembangan Brand

Dengan adanya Fitur iklan berbayar yang disediakan oleh beberapa social media platform seperti halnya Facebookdan Instagram selain berbiaya yang  terjangkau, juga memudahkan para  pemilik produk untuk menentukan jangkauan pasarnya.

Fitur tersebut memang  dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna social media yang ingin mempromosikan sesuatu. biasanya pengiklan  untuk meningkatkan brand yang dia miliki atau menjangkau sebanyak-banyaknya orang.

6. Menjangkau Target Pasar dengan Lebih Akurat

Didalam sebuah iklan social media sudah disediakan  algoritma dan dengan adanya Algoritma fitur iklan berbayar untuk memudahkan ketika Anda untuk menjangkau pasar dengan lebih akurat. Berbagai pilihan variabel demografi seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, kota tempat tinggal, hobi, sampai minat terhadap sesuatu dapat dipilih sesuai dengan target pasar Anda.

Fitur ini membuat tujuan  pemasaran Anda  lebih terarah dan lebih  efektif. Bandingkan dengan pemasaran offline seperti membuka ruko di pasar  atau pusat perbelanjaan dimana akan sedikit  sulit memilih dan menarget konsumen yang anda tuju.

7. Keterlibatan Lebih Tinggi dengan Konsumen

Dengan melakukan pemasaran secara online lewat social media memberikan kemudahan  bagi Anda untuk berinteraksi dengan konsumen walaupumn tidak secara real. Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan calon pembeli dan menawarkan produk mereka mereka lihat dan mempelajari produk Anda

dengan begitu  calon konsumen terpikat dan goalnya melakukan pembelian. Setelah itu memungkinkan  mereka untuk memberikan penilaian dan ulasan mengenai produk Anda yang bisa dibaca oleh calon pembeli lainnya sehingga terbentuk kepercayaan pasar.

8. Hasil Real Time dan Lebih Terukur

Hasil yang didapatkan dengan cara pemasaran online memudahkan Anda secara langsung melacak materi mana yang memberikan hasil lebih baik, seberapa banyaknya orang yang  akan melihat, dimana dan kapan mereka melihatnya, dan siapa saja yang akan  melihatnya.

Informasi ini dengan sangat  mudah Anda dapatkan. Bandingkan dengan metode pemasaran secra tradisional melalui TV, surat kabar, atau baliho yang akan sangat membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu untuk melihat hasilnya.

9. Analisis Pasar Mudah

Strategi pemasaran online untuk dalam segi penganalisaan pemasaran secara online juga sangat unggul dibandingkan secara tradisional.Data yang tepat waktu dan terukur memberikan Anda aanalisa untuk mempelajari  ketertarikan pembeli yang potensial.

Kemudahan dalam pemasaran online ini sangat membantu Anda untuk menentukan cara komunikasi seperti apa yang cocok dengan target market Anda.

10. Potensi untuk Meningkatkan Penjualan

Ketika produk yang Anda kelola telah  menjangkau target  pasar yang lebih luas secara akurat, hal seperti ini akan sangat mendorong terjadinya peningkatan penjualan. Daan dikemudian hariuntuk jangka panjangnya  akan menjamin keberlanjutan produk Anda dapat bersaing di pasar lokal bahkan pasar global.

Mungkin anda tertarik untuk melakukan pemasaran online tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Anda tidak perlu khawatir , punca.id siap membantu untuk pemasaran produk yang Anda jual agar lebih efektif secara online

KEKURANGAN PEMASARAN ONLINE

1. Modal Awal Marketing Online Cukup Tinggi

Meskipun jangkauan untuk pemasaran secara online sangat luas, namun modal awal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya software yang diperlukan dan hardware beserta biaya untuk pemeliharaan secara berkala.

Tapi anda tidak perlu khawatir, semakin banyaknya orsng yang berhasil kamu gandeng, lama-kelsamaan biaya untuk membayar sebuah iklan juga bisa turun bahkan tidak perlu menggunakan  iklan lagi.

Yang paling penting dari itu semuanya adalah maksimalkan usaha yang anda miliki di awal untuk memikat lebih banyak orang mengetahui eksistensimu.

2. Masih ada pelanggan yang lebih suka offline store

Walaupun diera sekarang sudah serba dugital Masih sangat banyak masyarakat yang menggunakan media online hanya untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secara offline.

Meskipun kamu sudah biasa untuk belanja online, pastinya kamu juga akan merasa lebih aman dan nyaman bila belanja langsung melihat toko dan barang juga, kan? Memang tidak bisa dipungkiri lagi, kejahatan yang dimanfaatkan oknum tertentu membuat sebagian orang lebih memilih transaksi ada barang ada uang. Karena dengan begitu bisa menekan kerugian.

3. Masih Banyaknya Pelanggan Yang Gaptek

Banyak para pelanggan yang masih Gaptek sehingga hal itu bisa menyebabkan anda kehilangan para pelanggan. Kalau anak di era milenial mungkin tidak perlu diragukan lagi Berbeda dengan generasi sebelumya yang mungkin masih terasa asing dengan internet marketing.

Itulah mengapa beberapa kalangan usia lebih suka membeli secar langsung daripada lewat media secara online.

4. Perubahan Perdagangan Online

Adanya  perubahan peratura perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu  membutuhkan suatu perhatiansecara konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang kamu operasikan tidak terlihat mati suri.

Media online pergerakannya sangatlah  cepat, pastikan kamu bisa terus mengikuti perkembangannya agar terus profit.

5. Rentan kegiatan penipuan

Dalam pemasaran secara online sangatlah rentan askn penipuan.karna Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat wara wiri  di situs-situs asli dan mereka mencuri uang para pelanggan.

Spamming juga menjadi salah satu masalah terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh para hacker.

6. Tidak Bertemu Secara Langsung Dengan Klien

Salah satu kekurangan Pemasaran secara online tidak adanya interaksi  secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu juga akan menghambat prospek untuk membangun hubungan antara penjual dan pembeli.

Untuk itu, perlu cara-cara yang kreatif  meskipun transaksi secara online, sebagai penjual tetap bisa menjaga hubungan baik dengan  konsumen.jika antara penjual dan konsumen hubunganya terjalin secara baik, maka akan terjalin hubungan yang erat.

Selain itu juga bisa membantu dalam masalah repeat order oleh pelanggan setia yang sudah sangat percaya bahwa kamu penjual yang amanah

7. Rentan kesalahan teknis

Strategi Pemasaran  online memang sangatlah bergantung pada teknologi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis. Untuk itu sebagai pengguna teknologi yang semakin modern, tidak bisa langsung percaya begitu saja, harus utamakan teliti untuk meminimalisir kesalahan yang lebih besar.

Meskipun banyak beberapa tantangan yang akan kamu temui dengan pemasaran online, namun  internet marketing sangatlah penting dan bisa dioptimalkan untuk menaikan penjualan usahamu.

Untuk menanggulangi kerugian dalam berbisnis secara online berikut setrategi pemasaran online yang mungkin  bermanfaat untuk anda

1. Memahami target audiens Anda

Pahami lebih dulu dan tentukan target audiens yang anda tuju.Siapa saja yang ingin Anda jangkau melalui upaya yang akan anda pasarkan? Siapa yang Anda kategorikan sebagai pelanggan sempurna?

Langkah awal dalam setiap strategi pemasaran online yang harus menjadi inti dari pemasaran Anda. Dengan menentukan target audiens, bukan  berarti Anda akan mengabaikan pembeli potensial yang mungkin tidak sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan.

semua orang yang tertarik dengan paroduk dan layanan Anda masih akan bisa mendapatkannya, tetapi Anda harus mempersempit upaya pemasaran Anda ke kategori orang yang kemungkinan besar akan Anda tarik.

Jika usaha Anda memanfaatkan teknologi online, maka pahamilah bahwa setiap demografis audiens akan menggunakan internet dengan cara yang berbeda. Untuk memasarkan secara tepat kepada mereka, Anda harus memahami kebiasaan berselancar di situs web yang mereka lakukan.

Jika target audiens Anda terdiri dari generasi millennial dan generasi muda, strategi internet Anda mungkin akan terlihat jauh berbeda dari perusahaan yang menargetkan generasi yang lebih tua yang tidak terlalu memahami media sosial atau platform online yang lebih baru.

dalam membuat strategi pemasaran online yang handal, Anda perlu mengidentifikasi siapa target audiens Anda dan cara mereka menjelajah situs web, atau mengetahui dari mana produk yang Anda pasarkan, metodenya dengan memberi kuisioner atau dengan analytic tools menggunakan metode berikut :

  • Berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk online?
  • Jika mereka menggunakan smartphone untuk mencari konten, membaca posting di blog, atau membaca iklan offline?
  • Platform media sosial apa yang mereka gunakan?

Ketika Anda mulai mencari minat pelanggan Anda, Anda akan menyesuaikan gaya keseluruhan strategi pemasaran Anda dengan cara yang sesuai dengan kategori pengguna. Anda tentunya akan membuat iklan televisi yang sempurna, Anda akan menulis postingan blog dalam bahasa yang mereka pahami, dan Anda akan dengan mudah terhubung dengan mereka melalui media sosial.

2. Membangun kesadaran pasar

Strategi pemasaran online Tujuan akhirnya  untuk mendapatkan lebih banyaknya kepercayaan dengan pembeli.Beberapa cara tradisional untuk meningkatkan kesadaran akan merek bisnis anda   misalnya beriklan (televisi, koran, majalah, dan online) dan pemasaran dari pintu ke pintu.

Taktik ini memang  tidak ketinggalan zaman seperti yang dipikirkan oleh para pengusaha kontemporer. Anda tetap harus tetap melihatnya sebagai bagian dari strategi pemasaran produk Anda jika inginkan hasil yang tinggi.

Di zaman modern ini , konsep untuk membangun kesadaran merek sebagian besar ditentukan melalui teknik pemasaran online. Untuk itu bisnis Anda akan sangat memmbutuhkan situs web, serta blog tempat Anda akan memposting artikel yang berkualitas yang mengunggulkan  produk Anda.

Video,gambar,infografis, podcast, dan presentasi online juga dibutuhkan. Konten gambar dan audio menciptakan kesan abadi karena dapat Anda gunakan kembali untuk kebutuhan pemasaran. Dengan memaksimalkan web, blog, dan media sosial untuk memikat kesadaran pasar terhadap produk yang Anda kelola.

3. Memantau Persaingan Bisnis.

Salah satu hal terbaik tentang strategi pemasaran online yang handal adalah memungkinkan Anda untuk memantau apa yang dilakukan pesaing Anda. Apabila Anda menggunakan media sosial untuk produk yang Anda pasarkan, Anda dapat melihat setiap pos mereka, melacak setiap kampanye mereka, dan memahami reaksi audiens Anda terhadapnya.

Dengan seperti itu banyak aksesibilitas, dapat memberi pemasaran Anda keuntungan unik yang mungkin tidak dapat Anda temukan kembali di zaman pemasaran tradisional.

Dalam memantau kompetitor Anda dengan baik, Anda dapat melihat profil media sosial mereka, ulasan online mereka, dan situs web atau blog mereka. Ketika Anda dapat mengembangkan pemahaman yang kuat tentang apa yang dapat ditawarkan para kompetitor Anda, persepsi tentang mereka oleh.

target audiens Anda, dan kesalahan yang mungkin mereka buat, Anda dapat lebih memahami memposisikan diri Anda nantinya.

4. Mencipatakan keunikan produk yang Anda unggulkan

Merek yang anda kelola harus unik jika Anda ingin target audiens Anda memilihnya daripada penawaran pesaing.

sebagai pembeda produk Anda dengan penawaran lainnya di pasar. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi keunggulan seperti itu.setelah itu Anda akan memfokuskan strategi pemasaran handal Anda untuk promosi.

Jangan membuat hal-hal terlalu rumit, termasuk strategi Anda dalam beriklan. Iklan yang rumit itu susah dipahami bukanya menarik pembeli malah membuat orang lain bingung. Anda perlu mengidentifikasi satu atau dua hal yang membuat produk Anda berbeda dan mempromosikannya sebanyak mungkin.Anda  bisa saja menggunakan teknik marketing dengan tema atau keunggulan tersendiri yang berbeda dari kompetitor anda.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *